PON Papua: Semua Venue Beres, Sudah Siap Dipakai

Mercy Raya - Sport
Rabu, 22 Sep 2021 15:50 WIB
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan seluruh venue cabang olahraga PON Papua sudah rampung. Termasuk venue rugbi yang semula ditargetkan selesai akhir September ini.
Foto: dok. KONI Pusat
Jakarta -

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan seluruh venue cabang olahraga PON Papua sudah rampung. Termasuk venue rugbi yang semula ditargetkan selesai akhir September ini.

Demikian disampaikan Ketua PB PON Lukas Enembe usai serah terima venue, yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Rabu (22/9/2021).

Lukas mengatakan penyerahan ini sekaligus menandai seluruh pekerjaan venue telah rampung. "Semua lengkap. Kita menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu-tamu kita," kata Lukas dalam rilis KONI Pusat.

Selain serah terima venue yang menggunakan APBN, peresmian venue rugbi yang dibangun di kompleks TNI Angkatan Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura akhirnya selesai.

Adalah kontraktor PT. PP (Persero) yang berhasil menuntaskan venue PON Papua tersebut dalam waktu 93 hari, atau lebih cepat satu pekan dari perkiraan awal rampung akhir bulan ini.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan seluruh venue cabang olahraga PON Papua sudah rampung. Termasuk venue rugbi yang semula ditargetkan selesai akhir September ini.Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan seluruh venue cabang olahraga PON Papua sudah rampung. Termasuk venue rugbi yang semula ditargetkan selesai akhir September ini. Foto: dok. KONI Pusat

Rugbi merupakan salah satu cabor terakhir yang dipertandingkan. Pertandingan akan dimulai tanggal 10 sampai 13 Oktober, atau menjelang penutupan PON diselenggarakan.

Di depan venue senilai Rp 122 miliar itu, kegiatan peresmian selain dihadiri Lukas Enembe, juga disaksikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, Ketua Harian PB.PON XX Yunus Wonda dan Dirjen Cipta Karya Ir. Diana Kusumastuti juga hadir secara virtual.

Pada kegiatan itu, disampaikan juga bahwa Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan tiga penghargaan, yakni Pembangunan Gelanggang Rugby Standard World Rugby Tercepat, Pemasangan Gelanggang Olahraga Pertama dengan Sistem Pre-Fabrikasi dan Pemasangan Rumput Sintetik pada Field of Play (FoP) Tercepat.

"Maka seluruh venue telah siap digunakan untuk penyelenggaraan PON XX," kata Plt Kadispora Alexander Kapisa.

Selain rugbi, venue yang sebelumnya sudah rampung di antaranya Istora Papua Bangkit, arena akuatik, cricket, hoki indoor & outdoor, separu roda, panahan, dan infrastruktur pendukung lainnya seperti jalanan, drainase, sanitasi hingga wisma atlet di seluruh klaster penyelenggaraan PON Papua XX.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan seluruh venue cabang olahraga PON Papua sudah rampung. Termasuk venue rugbi yang semula ditargetkan selesai akhir September ini.Venue Rugbi PON Papua Foto: dok. KONI Pusat
(mcy/krs)