Ikut 11 Nomor PON Papua, Olimpian Renang Ini Bidik Banyak Emas

Mercy Raya - Sport
Kamis, 23 Sep 2021 13:12 WIB
Aflah Fadlan Prawira
Aflah Fadlan Prawira, olimpian yang membidik banyak emas di PON Papua. (Foto: dok.PRSI)
Jakarta -

Perenang Aflah Fadlan Prawira mematok target tinggi di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX. Ikut 11 nomor perlombaan, olimpian ini ingin meraup banyak emas.

Fadlan, begitu ia karib disapa, akan mengikuti perlombaan di PON mewakili Jawa Barat mulai 4 sampai 14 Oktober mendatang.

Dia akan tampil di 11 nomor antara lain tiga nomor gaya bebas (200 meter, 400 meter, 1.500 meter), 200 meter dan 400 meter gaya ganti, 100 dan 200 meter gaya kupu-kupu, nomor estafet 4x100 gaya bebas, 4x100 meter gaya ganti, dan 4x200 gaya bebas. Serta nomor laut 10 km.

Dari jumlah itu, empat nomor (400 meter dan 1.500 meter gaya ganti, 4x100 gaya bebas estafet putra, dan 10 km laut) di antaranya pernah ia catatkan tinta emas pada PON Jawa Barat 2016. Sedangkan nomor 800 meter gaya bebas yang harusnya dapat ia pertahankan, tidak dipertandingkan pada PON Papua tahun ini.

"Inginnya saya bisa dapat lebih banyak emas. Kalau kemarin kan dapat lima emas. Saya juga ingin pecahkan rekor catatan waktu dan PON. Rekor PON belum pernah saya dapatkan," kata Fadlan kepada detikSport dalam sambungan telepon.

Persiapan perenang 23 tahun ini pun terus digeber seiring dengan program yang diberikan pelatih. Saat ini, ia masih menjalani latihan di Stadion Akuatik GBK.

"Yang jelas sepulang dari Olimpiade Tokyo kan sempat karantina dulu. Setelah itu tetap lanjut Pelatnas, jadi sampai sekarang masih latihan di GBK," Fadlan mengungkapkan.

"Soal berapa persennya sebenarnya ini meneruskan kemarin dari Olimpiade. Meskipun pada tiga pekan awal melanjutkan latihan sempat terganggu karena karantina dan sakit. Jadi sama sekali tidak turun kolam. Tapi sekarang sudah keep on the track," ujarnya.

Menyoal persaingan, peraih dua medali perak SEA Games Filipina 2019 ini memprediksi bakal ramai. Dia menyebut pesaing tidak hanya datang dari kontingen tim sendiri, tapi juga DKI Jakarta dan Papua.

"Kita enggak tahu perkembangan beberapa tahun belakangan. Kalau dulu mungkin bisa gap 5 sampai 10 detik. Tapi dengan sekarang latihan bareng junior juga jadi semakin semangat. Artinya datang ke PON enggak asal mau menang tapi harus tetap fokus karena persaingan lebih ketat," kata Fadlan.

"Selain itu, saya juga berharap modal kemarin waktu ke Olimpiade bisa menjadi pengaruh positif untuk tim dan saya pribadi."

Fadlan di Olimpiade Tokyo turun di nomor lomba 1.500 meter gaya bebas putra. Dia mencatatkan waktu 15 menit 29,94 detik. Catatan itu masih jauh dari rekor nasionalnya yang dibukukan 15 menit 15.77 detik di SEA Games 2019.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)