Menpora Akan Berkantor di Papua untuk Jalani Tugas-tugas Ini

Mercy Raya - Sport
Jumat, 24 Sep 2021 17:23 WIB
Menpora Zainudin Amali mengukuhkan atlet-atlet yang siap mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.
Foto: dok. detikcom via screenshot
Jakarta -

Demi memastikan kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX, Menpora Zainudin Amali untuk sementara akan berkantor di Bumi Cendrawasih.

Politikus Golkar itu menyebut langkah ini penting dilakukan untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi selama berlangsungnya ajang multievent empat tahunan itu pada 2 sampai 15 Oktober mendatang.

"Saya dan teman-teman akan berkantor di Papua untuk memastikan semua berjalan dengan rencana," kata Amali dalam jumpa pers virtual, Jumat (24/9/2021).

Nantinya selama di Papua, Amali bersama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan berkeliling di beberapa tempat, baik kabupaten-kota Jayapura, maupun Kabupaten Mimika dan Merauke.

"Jadi selain ada tim kami yang sudah ada di Papua saat ini, kami dari Kemenpora yang menyusul datang akan dibagi sesuai dengan klasternya. Tentu bukan bukan hanya menonton atau mencatat masalah, tetapi mencari solusi, apabila ada persoalan dan diperlukan cepat jalan keluarnya," dia mengungkapkan.

Menpora asal Gorontalo ini sekaligus menegaskan bahwa pemindahan kantor untuk sementara ini, dalam rangka PON Papua, sudah seizin dari Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Sekretaris Negara.

"Jadi sejak persiapan (29 September) hingga PON selesai saya akan berada di sana. Bila ada rapat terbatas atau rapat kabinet, toh sekarang lebih dimudahkan karena adanya virtual."

Selain memastikan adanya pendampingan, Amali juga mengutarakan bahwa persiapan PON Papua menuju pembukaan masih sesuai dengan rencana. Termasuk soal bantuan dana tambahan sebesar Rp 1,4 T dari pemerintah pusat yang sempat terhambat kini sudah mulai dialirkan ke Panitia Besar (PB) PON.

"Jadi tidak perlu ada yang khawatir soal itu dan kami berharap tidak ada lagi hal yang menjadi penghambat kesiapan ini dan kontingen daerah bisa terlayani dengan baik," dia mengharapkan.

"Sekarang ini, koordinasi di Kementerian/Lembaga dan pusat juga sangat baik. Setiap hari kami berkoordinasi dengan Menkopolhukam (Mahfud MD) dan Menko PMK untuk memastikan persiapan ini berjalan dengan baik."

(mcy/krs)