Puluhan Peselancar Beraksi di Batukaras Surf League Serie III

Faizal Amiruddin - Sport
Minggu, 03 Okt 2021 17:30 WIB
Selancar
Batukaras Surf League diikuti puluhan peselancar. (Foto: detikcom/Faizal Amiruddin)
Jakarta -

Puluhan peselancar unjuk kebolehan di ajang Batukaras Surf League Serie III. Peselancar yang berasal dari berbagai klub surfing ini bertanding menunjukan aksi terbaiknya.

Digelar di pantai Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Minggu (3/10/2021), para peselancar 'menari-nari' di atas ombak pantai Batukaras.

Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Kabupaten Pangandaran Gilang Ma'rifatulloh mengatakan Batukaras Surf League Serie III merupakan salah satu upaya untuk mencari bibit-bibit potensial atlet surfing di Pangandaran.

"Hasil dari event di Batukaras ini nanti akan mengikuti babak kualifikasi grand final yang akan diselenggarakan di Bali dan Banyuwangi," kata Gilang.

Menurut Gilang peselancar yang bertanding mayoritas berasal dari klub surfing yang ada di Kabupaten Pangandaran. "Intinya hasil dari sini untuk pembibitan atlet Kabupaten Pangandaran mewakili di pertandingan di tingkat nasional bahkan Asia," kata Gilang.

Gilang mengatakan atlet surfing Pangandaran sudah memiliki tradisi juara selancar di kelas long board. "Tradisi surfer Pangandaran jago di kelas long board harus terus dilanjutkan, bahkan diperluas di kelas soft board dan lainnya," kata Gilang.

Sejauh ini Pangandaran setidaknya memiliki 4 atlet yang sudah mampu berlaga di kancah nasional bahkan Asia. Keempat atlet tersebut yaitu Dean Permana, Arif "Mencos", Deni Firdaus dan Dedi Kurniadi.

Sementara itu untuk atlet soft board masih mencari bibit-bibit atlet dari Batukaras dan Pangandaran. Sejauh ini di Batukaras ada beberapa nama yang dianggap memiliki talenta bagus diantaranya Pito Wardana, Riki Fauzi, Farid Maulana dan Anton. Sedangkan dari Pangandaran sendiri ada Dean Herdiana dan Gilang Edward.

"Mereka semuanya sangat berpotensi dan harus kita dorong agar berprestasi, kami berharap pemerintah daerah Pangandaran bisa ikut membantu upaya kami," kata Gilang.

PSOI Kabupaten Pangandaran sendiri memiliki target untuk bisa terjun di PON Aceh tahun 2024 mendatang. Ada optimisme atlet surfing Pangandaran bisa berjaya di ajang olahraga tingkat nasional tersebut.

Sementara itu acara perlombaan selancar ini disambut antusias oleh wisatawan yang datang ke pantai Batukaras. Aksi-aksi para peselancar ini seakan menambah daya tarik wisata. Karena menyaksikan aksi-aksi peselancar menaklukkan gulungan ombak sanggup memberikan hiburan tersendiri.



Simak Video "Adu Tangkas Mengarungi Ombak, Banda Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)