Jabar Ngegas! Geser DKI Jakarta di Klasemen PON Papua

Yudha Maulana - Sport
Rabu, 06 Okt 2021 15:12 WIB
Lifter putri Jawa Barat, Cantika A Windy  (tengah) pemenang medali emas kelas 49 kg total angkatan 192kg dan Jawa Tengah, Nafisatul H.Siti (kiri) medali perak total angkatan 170 kg serta  Kalimantan Selatan, Amanda Riska Nur (kanan) medali perunggu dengan total angkatan 167 kg cabor angkat besi  putri PON XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih Jayapura, Rabu 6/10/2021.Foto: PB PON XX PAPUA/Dadang Tri
Jabar Ngegas! Geser DKI Jakarta di Klasemen PON Papua Foto: (Dadang Tri/PON Papua)
Jayapura -

Kontingen Jawa Barat ngegas dalam perebutan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Hari ini (6/10/2021) hingga pukul 14.57 WIT, Jabar menggeser dominasi DKI Jakarta di puncak klasemen PON sementara dengan raihan 44 medali emas.

Sebelumnya, Jabar memepet tuan rumah Papua di posisi dua. Sementara DKI Jakarta tetap mendominasi di puncak klasemen dalam beberapa hari terakhir.

Namun, sementara perolehan medali emas DKI Jakarta yang sebelumnya menguasai puncak klasemen, belum bertambah dari 42 medali emas.

Dilansir dari laman resmi PON Papua, kontingen Jabar menambah kepingan medali emasnya dari olahraga menembak 10 meter air rifle putra beregu, menembak individual 25 meter rapid fire pistol putra, angkat besi putri kelas 49 kg dan paralayang nomor lintas alam jarak terbatas perorangan.

Total medali yang dikumpulkan Jawa Barat hingga siang ini berjumlah 128 keping medali yang di antaranya 44 medali emas, 37 perak dan 46 perunggu.

Di tempat kedua, DKI Jakarta mengoleksi 42 emas, 35 perak dan 40 perunggu. Sedangkan, tuan rumah Papua masih berada di peringkat ketiga dengan raihan 38 medali emas, 19 perak dan 38 perunggu.

Jawa Timur di posisi keempat juga terus mendekati perolehan medali tuan rumah, dengan 36 emas, 31 perak dan 29 perunggu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi capaian sementara ini. Menurutnya kontingen Jabar harus konsisten. "Ayo Jabar mari kita gaskeun," tutur Ridwan Kamil dalam akun media sosialnya.

(yum/aff)