PON Papua Oke, Tapi Peparnas Jangan Terlupakan

Wilpret Siagian - Sport
Kamis, 07 Okt 2021 21:40 WIB
Atlet renang National Paralympic Committe (NPC) Sumatera Selatan berlatih di Jakabaring Aquatic Stadium, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (26/8/2021). National Paralympic Committe (NPC) Sumatera Selatan menurunkan 18 orang atlet dan menargetkan enam medali emas pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di PAPUA pada November 2021. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustari (ANTARA FOTO)
Jayapura -

Pelaksaan PON Papua cukup menyita perhatian semua pihak, tapi jangan lupa setelahnya ada Peparnas XVI yang juga dilaksanakan di Papua.

Debora Salossa, Bidang Promosi Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) XVI Papua 2021 mengatakan, pelaksaan Peparnas XVI tidak kalah pentingnya dari PON Papua dimana membutuhkan perhatian dari semua pihak, karena sudah komitmen bersama bahwa Papua layak difabel.

"Jadi kita sudah siap dan sangat siap menyambut teman-teman difabel dari 34 provinsi di Indonesia dengan pasilitas yang layak bagi difabel," ujar Debora saat ditemui di Jayapura, Kamis (7/10/2021).

Menurutnya, pelaksaan Peparnas XVI yang mengambil slogan "Sehati Mencapai Tujuan. Ciptakan Prestasi" akan dilaksanakan pada tanggal 2-15 November 2021 yang tentunya akan menggunakan venue-venue yang dipakai PON XX Papua.

Untuk menyemarakkan event Peparnas VXI Papua, kata Debora, setelah PON XX Papua pada tanggal 15 Oktober 2021, akan dilanjutkan dengan Gebyar menuju Peparnas XVI Papua.

"Panitia, pemerintah dan masyarakat sudah sangat siap untuk melaksanakan event tersebut. Kami minta kita tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) jangan lupa 3 M, " katanya.

Debora juga meminta seluruh masyarakat Papua untuk bersama-sama menyambut saudara-saudara kaum difabel dengan sukacita.

"Bagi masyarakat Papua mari kitong satu hati menjadi tuan rumah yang baik. Perlakukan mereka sesuai dengan porsi dan hak yang sama," pintanya.

Bidang Promosi PEPERNAS XVI Papua, Debora SalossaBidang Promosi PEPERNAS XVI Papua, Debora Salossa Foto: (Wilpret Siagian/detikcom)
(aff/rin)