PON Papua: Agus Prayogo Tambah Emas untuk Jabar

Femi Diah - Sport
Sabtu, 09 Okt 2021 09:59 WIB
Agus Prayogo
Foto: Femi Diah/detikcom
Jakarta -

Agus Prayogo sukses menggondol emas kedua PON XX Papua. Setelah berjaya di nomor lari 5.000 meter, atlet asal Jawa Barat itu merajai lari marathon pada hari ini.

Dalam perlombaan di Kuala Kencana, Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021), Agus finis terdepan dalam persaingan dengan jarak lari 42,195 km itu. Dia mencatatkan waktu 2 jam dan 33 menit dan 9 detik.

Dalam perlombaan itu, Agus dibuntuti oleh wakil Sumatera Utara, Welman D. Pasaribu. Welman finis kedua dan berhak mendapatkan perunggu dengan menempel Agus. Dia mencatatkan waktu 2 jam dan 33 menit dan 10 detik.

Adapun perunggu menjadi milik pelari asal Kalimantan Selatan, Muhammad Ady Saputra. Ady mencetak waktu 2 jam, 33 menit, dan 19 detik.

Agus menyebut persaingan cukup ketat sejak titik start. Tetapi, Agus puas bisa tampil dengan rileks.

"Persaingan cukup ketat, banyak atlet-atlet daerah mulai bermunculan di nomor-nomor marathon. Yang pasti saya senang kembali merebut emas di nomor marathon, seperti pada PON 2016," kata Agus usai perlombaan.

Agus bilang dua faktor utama yang membuat dia bisa tampil rileks adalah sudah cukup familiar dengan rute dan cuaca yang mendukung.

"Saya pernah diundang ke sini oleh PT Freeport Indonesia pada 2019 untuk menjajal trek. Jadi, sudah cukup mengenal trek di sini dan hari ini ditambah cuacanya mendukung. Hanya saja kelembaban memang tinggi jadi harus pandai-pandai mengatur agar tidak dehidrasi," Agus menjelaskan.

Agus tidak mempermasalahkan waktu yang dicatatkan dalam lari marathon kali ini bukanlah waktu terbaiknya, 2 jam dan 21 menit. Sebab, dia memang menyimpan tenaga untuk tampil di satu nomor lari jarak satu lainnya, lari 10.000 meter putra pada Selasa (12/10).

Agus PrayogoAgus Prayogo Foto: Femi Diah/detikcom

Emas Agus dari lari marathon putra menjadi emas ke-69 Jabar. Agsu juga sudah lebih dulu menyumbangkan emas dari nomor lain lari 5.000 meter untuk Jabar.

Sementara itu, Welman yang meraih perak kurang puas dengan catatan waktu yang dibuatnya di perlombaan itu. Sebelum tampil dia mematok target bisa menghabiskan lintasan dengan waktu di bawah 2 jam dan 30 menit.

Tetapi, dengan catatan waktu yang diraihnya untuk mendapatkan medali perak PON Papua itu, Welman sudah melebihi best time miliknya sendiri, 2 jam 33 menit dan 24 detik.

Dengan hasil itu, rekor PON nomor lari marathon putra belum goyah dari tangan Eduarddus Nabunome dengan catatan waktu 2 jam 19 menit dan 18 detik pada 1993.

(fem/krs)