PON Papua: Jabar Tambah Emas dari Biliar

Saiman - Sport
Selasa, 12 Okt 2021 10:35 WIB
Logo PON Papua
Jabar menambah emas di PON Papua dari biliar. (Foto: detikcom/Femidiah)
Timika -

Emas kontingen Jawa Barat di PON Papua 2020 belum berhenti mengalir. Kali ini, cabang olahraga biliar yang menjadi penyumbangnya.

Barata Marpaung yang menyumbang emas dari cabor biliar di nomor Cadre Carom. Pada final yang berlangsung di Venue Biliar Mimika, Senin (11/10/2021), Barata mengalahkan atlet DKI Jakarta, Rudy Hasan. Skor pertarungan keduanya 130-119.

Pebiliar 66 tahun itu langsung disambut pelukan dan tangis haru dari pelatih, official dan sesama atlet Jabar. Tangis haru ini karena medali emas yang ia raih merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah Barata mengikuti ajang PON di olahraga biliar.

Pebiliar Jabar lainnya, Edward L. Toruan, mengungkap prestasi Barata ini merupakan kejutan.

"Ini surprise. Ini medali emas pertamanya selama ikut pekan olahraga nasional," kata Edward.

Emas ini, kata Barata, sudah ditargetkan dari empat nomor pertandingan yang diikuti. "Intinya saya senang sekali bisa dapat emas pertama tama kalinya saya peroleh," kata Barata.

Saat ini Jawa Barat sudah mendapatkan medali emas dari dua nomor pertandingan yang berbeda. Emas pertama diraih pebiliar double putri Anita Kanjaya dan Amanda.

Jabar saat ini masih kukuh di posisi pertama klasemen medali PON Papua. Hingga, Selasa (12/9) pukul 10.10 WIB, kontingen bumi Pasundan sudah mengumpulkan 93 emas, 74 perak, dan 78 perunggu.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)