Menpora Harap PON XX Papua Lahirkan Atlet Voli untuk Pelatnas

Angga Laraspati - Sport
Rabu, 13 Okt 2021 18:07 WIB
Kemenpora
Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan kualitas pertandingan antara tim-tim voli yang bertanding di PON XX Papua sangatlah bagus. Ia pun berharap akan lahir atlet-atlet bola voli untuk ditempatkan di pemusatan latihan nasional (pelatnas).

"Mudah-mudahan dari hasil PON ini ada talenta- talenta yang bisa mengisi tim nasional kita atau Pelatnas bola voli kita. Karena beberapa event kedepan tentu tim kita harus dipersiapkan," ujar Amali dikutip dari website resmi Kemenpora, Rabu (13/10/2021).

Ada beberapa event yang ke depan antara lain, SEA Games 2021 di Vietnam. Pada SEA Games 2019 lalu Indonesia berhasil meraih medali emas, dengan begitu diharapkan SEA Games yang akan datang prestasi tersebut dapat dipertahankan.

"PON ini merupakan ajang untuk mendapatkan talenta-talenta yang baik untuk mengisi Pelatnas kita," tuturnya.

Ia juga memantau venue dan pertandingan final cabang olahraga Voli Indoor antara Jawa Barat dan DKI Jakarta di Gedung Olahraga Voli Indoor Koya Koso, Kota Jayapura. Menurutnya venue dan fasilitas cabang olahraga voli tersebut sangat bagus dan representatif karena berstandar internasional.

"Seperti yang saya sampaikan waktu saya menonton sebelumnya, sama komentar saya soal venue, ini fasilitas luar biasa dan standarnya terbaik di Indonesia, ada lapangan utama, ada tempat latihan, dan dekat sini ada penginapan atlet. Jadi saya kira ini sudah sangat bagus," kata Amali.

Untuk itu, Amali mendorong Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) untuk menggelar kejuaraan di GOR Bola Voli Indoor Koya Koso di Jayapura. Hal ini bertujuan agar venue bisa bermanfaat dan tidak terbengkalai.

"Ini (venue) harus dimanfaatkan dengan baik dan saya sampaikan supaya sebisa mungkin harus melakukan kegiatan, apakah regional, nasional, atau internasional yang nantinya memungkinkan Indonesia menjadi tuan rumah," kata Amali.

Amali menerangkan, fasilitas GOR tersebut sangat luar biasa. Selain ada lapangan utama, terdapat tempat latihan dan juga tersedia penginapan atlet.

"Jadi saya kira ini sudah sangat bagus. Mudah-mudahan PON ini bisa menghasilkan atlet yang nantinya memperkuat tim nasional, karena ke depan ada event-event dan tim harus dipersiapkan," ujar Amali.

(akn/ega)