100 Atlet dari 18 Negara Akan Ikuti HK Endurance Challenge di Lombok

Inkana Izatifiqa R Putri - Sport
Rabu, 13 Okt 2021 20:07 WIB
Hutama Karya
Foto: dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memastikan kesiapan gelaran HK Endurance Challenge: Lombok Series pada 17 Oktober mendatang. Adapun event sport tourism berskala internasional ini digelar untuk mendongkrak perekonomian dan pariwisata di Lombok.

Direktur Operasi I Hutama Karya sekaligus Pembina HK Endurance Challenge 2021 Novias Nurendra menyampaikan kegiatan HK Endurance Challenge 123K ini akan melibatkan 100 atlet dari 18 negara. Event ini akan terdiri dari rangkaian triathlon sepanjang total 123 km yakni, renang antar pulau sejauh 2 km, bersepeda 100 km, dan lari 21 km. Adapun para atlet akan melintasi Kepulauan Gili Air - Pantai Sire - Kuta Mandalika - Sirkuit Mandalika.

"Saat ini Hutama Karya telah mengantongi izin penyelenggaraan kegiatan dari Satgas COVID NTB, Kapolda NTB, Pemprov NTB, Dinas Pariwisata NTB, Dinas Perhubungan NTB, juga pihak-pihak terkait lainnya. Protokol kesehatan yang ketat menjadi aspek utama yang kami siapkan dengan matang dalam penyelenggaraan kali ini. Mengingat event ini melibatkan berbagai atlet internasional yang berasal dari 18 negara mewakili 5 benua yakni Amerika, Eropa, Asia, Afrika, hingga Australia. Kami juga memastikan kesiapan para atlet baik dari segi fisik maupun administrasinya," ujar Novias dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Menjelang berlangsungnya event, Novias menyampaikan pihaknya terus menggencarkan sejumlah persiapan. Hal ini meliputi persiapan venue hingga program promosi untuk mengenalkan sport tourism event ini kepada seluruh warga dunia.

"Sebelumnya kami juga telah menggelar beberapa pre-event mulai dari Bali City Cycling, Jakarta City Cycling, Jakarta Open Water Swimming dan Coaching Clinic bertajuk 'Endurance Sport to Boost Your Healthy Lifestyle' pada 15 September lalu. Lombok dipilih sebagai upaya Hutama Karya untuk memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi, serta untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku usaha di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia khususnya di wilayah yang berada dekat dengan proyek infrastruktur yang sedang digarap perusahaan," katanya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB di bawah kepemimpinan Bapak Zulkieflimansyah selaku Gubernur atas dukungan penuh yang diberikan sehingga seluruh persiapan rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar," lanjutnya.

Dalam pelaksanaannya, Hutama Karya juga berkolaborasi dengan ITDC, PT HIN, hingga Bank Mandiri. Ajang olahraga internasional ini juga mendapat dukungan dari Menteri BUMN Erick Thohir dan juga pelaku UMKM setempat.

Erick menyampaikan Event HK Endurance Challenge: Lombok Series akan digelar dengan prokes ketat sesuai penerapan CHSE untuk memastikan keamanan. Ia berharap acara tersebut dapat mendorong sinergi BUMN bersama pihak lainnya.

"Harapannya tentu event ini dapat berjalan dengan lancar dan untuk terus memajukan dan menginspirasi BUMN lainnya untuk terus bersinergi dalam situasi dan kondisi apapun," ungkap Erick.

Gelaran event ini juga mendapat antusias dari pecinta endurance sport mancanegara, salah satunya berasal dari peserta asal Irlandia, Neil. Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar sehingga bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata lokal.

"Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari Hutama Karya Endurance Challenge: Lombok Series dan berpartisipasi dalam acara ini, saya tidak hanya meningkatkan daya tahan saya tetapi juga berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal," ujar Neil."

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi optimis terhadap dampak positif dari event ini. Ia mengatakan event ini dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

"Sektor pariwisata merupakan pendukung penting pertumbuhan ekonomi dan investasi di NTB. Event ini bisa menjadi awal menyambut kesiapan event-event besar lainnya," ungkapnya.

Senada dengan Yusron, Pengamat Ekonomi Universitas Mataram, Abdul Azis Bagis,juga merespons positif atas penyelenggaraan event ini. Dikatakannya, kegiatan ini bisa berdampak terhadap ekonomi masyarakat sekitar.

"Karena magnet event ada di Lombok NTB, tentu akan berdampak sekali pada ekonomi sekitar," pungkansya.

Sebagai informasi, HK Endurance Challenge Lombok Series yang akan berlangsung di The Mandalika ini merupakan salah satu uji coba event sport tourism atas penggunaan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau dikenal dengan Pertamina Mandalika International Street Circuit. Para peserta nantinya akan berlari mengelilingi sirkuit sebanyak tiga kali.

Dalam pembangunannya, JKK tidak hanya diperuntukan sebagai tempat penyelenggaraan event balap motor internasional sekelas MotoGP dan World Superbike (WSBK), namun juga menunjang event-event sport tourism dan pariwisata lainnya. Kehadiran JKK, berbagai infrastruktur dasar dan penunjang, serta spot alam seperti pantai dan perbukitan juga menjadikan The Mandalika sebagai destinasi pilihan untuk menyelenggarakan berbagai event sport tourism.

Adanya HK Endurance Challenge 2021 diperkirakan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi terutama pada sektor transportasi, hotel, restoran, wisata di kawasan Pantai Sire Lombok Utara, Senggigi Lombok Barat, dan Mandalika Lombok Tengah. Kegiatan ini juga disebut dapat mendorong konsumsi masyarakat dan meningkatkan ekonomi pelaku bisnis, pegiat atraksi, UMKM di bidang ekonomi kreatif.



Simak Video "Dongkrak Ekonomi Kreatif Lombok Lewat HK Endurance Challenge"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)