WEC 2021: Sean dan JOTA #28 Raih Pole di 6 Hours of Bahrain

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 29 Okt 2021 23:20 WIB
Jota Sport #28 raih pole position di balapan 6 Hours of Bahrain, Jumat (29/10)
Sean Gelael dan tim JOTA #28 raih pole di 6 Hours Bahrain (Foto: dok.JOTA Sport)
Sakhir -

Sean Gelael dkk tampil mantap di sesi kualifikasi seri kelima FIA World Endurance Championship 2021. Tim JOTA #28 meraih pole untuk balapan 6 Hours of Bahrain.

Pada sesi kualifikasi yang dihelat di sirkuit Sakhir, Jumat (29/10/2021) malam WIB, JOTA #28 memaksimalkan hasil bagus pada tiga sesi free practice Kamis dan Jumat.

Pada sesi Free Practice kedua yang merupakan simulasi balapan, Sean dan Stoffel Vandoorne turun duluan. Vandoorne menggunakan ban yang relatif baru karena cuma dipakai sebentar oleh Tom Blomqvist di imulasi kualifikasi sebelumnya.

Vandoorne mencatatkan waktu rata-rata 1 menit 53,637 detik dan dilanjutkan Sean. Sean dengan ban sama melahap tujuh lap dengan rataan waktu 1 menit 54,695 detik.

Lalu di sesi latihan bebas ketiga yang dihelat di bawah sinar terik matahari, waktu lap tim pun terpengaruh. Sean melakukan simulasi lomba 10 lap dan membuat rataan waktu 1 menit 55,876 detik. Sayangnya Vandoorne cuma dapat lima lap karena sesi ketiga sempat dihentikan karena mobil Hypercar Toyota #8 mengalami insiden.

Catatan waktu rata-rata Vandoorne mencatat 1 menit 56,207 detik. Lalu, Blomqvist turun di simulasi kualifikasi yang merupakan penentuan posisi start dan tampil apik untuk meraih pole dengan waktu 1 menit 49,932 detik.

Pole ini sangat penting untuk JOTA #28 karena itu artinya mereka mendapat tambahan satu poin dan ini penting dalam persaingan menuju gelar juara. Memasuki dua seri terakhir, JOTA #28 memuncaki klasemen LMP2 dengan 89 poin, unggul satu angka dari tim WRT di posisi kedua dan delapan poin dari tim JOTA #38 di posisi ketiga.

"Terima kasih buat tim yang telah memberikan saya mobil yang bagus, sehingga saya bisa meraih pole position. Ini modal awal yang bagus," kata Blomqvist dalam rilis kepada detikSport.

Hasil ini membuat Sean puas meski dia tidak mau merayakannya berlebihan mengingat tantangan sebenarnya adalah saat balapan dimulai, Sabtu (30/10) besok.

"Tapi kami tak boleh, semua pembuktian terjadi saat lomba," ujar Sean Gelael.

Sementara itu race engineer JOTA #28, Thomas Lassus, mengatakan bahwa kunci penampilan timnya bakal ditentukan di titik-titik pengereman. "Di sini banyak tempat bagus untuk menyusul, tapi sekaligus kejam buat rem dan ban. Kami mesti cermat di sana," ujar Lassus.

Seri kelima FIA WEC di Bahrain akan disiarkan langsung lewat link ini mulai Sabtu (30/10) mulai pukul 15.00 WIB.

(mrp/ran)