WEC 2021: Sean Gelael Runner-up di Balapan 6 Hours of Bahrain

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 31 Okt 2021 04:00 WIB
Sean Gelael finis kedua di WEC 6 Hours of Bahrain
Sean Gelael dan JOTA #28 finis kedua di 6 Hours of Bahrain (dok.JOTA Sport)
Sakhir -

Sean Gelael dkk sudah menuntaskan balapan enam jam di Bahrain. Hasilnya tim JOTA #28 jadi runner-up sekaligus menjaga peluang juara dunia.

Sean bersama Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoorne meraih pole position untuk balapan FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 kelas LMP2 di sirkuit Sakhir, Bahrain, Sabtu (30/10/2021) siang waktu setempat.

Ini merupakan seri kelima dari enam seri WEC tahun ini yang bertitel 6 Hours of Bahrain. Start dari posisi terdepan, JOTA #28 mendapatkan bencana di awal balapan.

Sean yang mendapat jatah pertama membalap sebenarnya mampu menjaga performa ban serta bahan bakar di tengah suhu terik. Tapi, balapan berjalan setengah jam, Sean disundul Paul Dalla Lana di tikungan ke-10.

Pebalap gaek Kanada yang berlaga di kelas GTE Am dan mengendarai Aston Martin tersebut membuat Sean melintir, sekaligus kehilangan banyak waktu dan posisi karena harus kembali ke pit.

Setelah itu, Sean langsung tancap gas memperbaiki posisinya dari urutan ke-10 hingga keenam. Tugas Sean digantikan Blomqvist dan juga berhasil menaikkan posisi JOTA #28 ke posisi ketiga.

Saat Vandoorne bertugas, dia mampu memangkas jarak dengan dua tim terdepan, terutama Fabio Scherer dari tim United Autosports USA #22. Dari belasan detik, menjadi sekitar empat detik.

Blomqvist kemudian mengambil alih untuk memburu pebalap United lainnya Filipe Albuquerque. Blomvqist tak hanya berhasil sekali, tapi dua kali menyusul Albuquerque. Pertama sebelum pit stop, dan kedua setelah pit stop ketika #22 berhasil keluar pit di depan #28.

Posisi kedua berhasil dipertahankan JOTA #28 hingga akhir balapan. Selisih dengan WRT #31 terlalu jauh sejak insiden di awal lomba sehingga sulit terkejar.

Dengan demikian, WRT #31 memuncaki klasemen LMP2 dengan 113 poin, selisih lima poin dari JOTA #28 dengan 108 poin. Dengan sisa satu balapan pekan depan, persaingan pun makin sengit.

Apalagi pada 8 Hours of Bahrain, poin yang diperebutkan lebih banyak 1,5 kali dari balapan enam jam. Ini bak final untuk Sean, Blomqvist, dan Vandoorne untuk merebut kemenangan pertamanya musim ini sekaligus jadi juara.

"Balapan yang berat untuk semua. Kami beruntung punya mobil dan komposisi pebalap bagus, sehingga hasil ini bisa terwujud. Terima kasih untuk semua. Tak sabar rasanya menanti seminggu lagi," ujar Sean Gelael dalam rilis kepada detikSport.

Seri terakhir FIA WEC, 8 Hours of Bahrain, digelar Sabtu (6/11) pekan depan.

Klasemen LMP2
1. Tim WRT #31 113
2. Tim JOTA #28 108
3. Tim JOTA #38 96
4. Tim United Autosports USA #22 88

(mrp/bay)