ADVERTISEMENT

Wapres Ma'ruf Amin Buka Peparnas Papua, Puji Menpora

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 05 Nov 2021 22:07 WIB
Pembukaan Peparnas Papua 2021 oleh Wapres RI Maruf Amin, Jumat (5/11/2021)
Peparnas Papua 2020 resmi dibuka Wapres Ma'ruf Amin malam ini (dok.Kemenpora)
Jayapura -

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua 2021 resmi dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ma'ruf secara khusus memuji peran Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Kurang dari sebulan setelah PON Papua selesai, Bumi Cendrawasih kembali menghelat pekan olahraga. Kali ini memberi kesempatan untuk para atlet disabilitas bersaing menjadi yang terbaik.

Dimulai sejak Selasa (2/11) kemarin, Peparnas baru resmi dibuka di Stadion Mandala, Jumat (5/11/2021) malam WIT oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Sebab Presiden RI Joko Widodo baru saja kembali dari kunjungan kerja ke luar negeri hari ini.

Ma'ruf pun senang sekali melihat Papua bisa jadi tuan rumah dua ajang besar nasional di tengah pandemi virus corona. Kemenpora dalam hal ini Zainudin Amali dianggap punya peran besar sehingga Peparnas bisa dihelat.

Sama seperti PON, Peparnas juga nyaris batal karena Indonesia sempat memasuki gelombang kedua pandemi Juni-Agustus lalu. Angka penularan melonjak sehingga pembatasan kegiatan dilakukan di mana-mana.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga , jajaran Menteri Kabinet Indonesia maju, para Gubernur, ketua umum NPC Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus dan seluruh pihak yang telah bekerja keras membantu PB Peparnas untuk mempersiapkan pelaksanaan Peparnas ini," ucap Ma'ruf dalam kata sambutannya

Pembukaan Peparnas Papua 2021 oleh Wapres RI Ma'ruf Amin, Jumat (5/11/2021)Pembukaan Peparnas Papua 2021 oleh Wapres RI Ma'ruf Amin, Jumat (5/11/2021) Foto: dok.Kemenpora

"Ini merupakan pembuktian komitmen Pemerintah untuk memberikan perlakukan yang sama bagi setiap warga negara," tambahnya dalam rilis kepada detikSport.

Selain itu, Ma'ruf juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Papua Lukas Enembe dan seluruh jajaran pemerintah daerah Papua yang sudah bekerja keras untuk menggelar Peparnas Papua 2021.

Dia juga menyemangati seluruh atlet yang bertanding agar bisa menjunjung sportivitas, sekaligus membuktikan bahwa kekurangan yang ada bukanlah penghalang untuk meraih sukses.

"Meskipun banyak tantangan, namun berkat dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang saya sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung lainnya sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpik Nasional," tuturnya.

"Saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara. Saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah, tukarkan jiwa yang tidak pernah takut gagal sukses menanti kalian semua," ucapnya.

"Saudara harus mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan, raihlah prestasi yang melampaui cita-citamu. Hambatan tidak boleh menghalangi cita-cita meraih prestasi. Bangun sportivitas yang tinggi untuk meraih prestasi," tambahnya.

Sebagai penutup sambutan Peparnas Papua 2021, Wapres Ma'ruf Amin melantunkan pantun yang disambut antusias penonton di Stadion Mandala.

"Tanah Papua bumi Cendrawasih, Pace mace manis senyumnya, cukup sekian dan terima kasih, Peparnas Papua Resmi Sa Buka. Mari kita teriakan Torang bisa. Kalau Dorang Bisa, Ko Juga Bisa," pungkasnya.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT