ADVERTISEMENT

Pahlawan-pahlawan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19

Mercy Raya - Sport
Rabu, 10 Nov 2021 12:23 WIB
CHOFU, JAPAN - AUGUST 02: Gold medalists Greysia Polii and Apriyani Rahayu of Team Indonesia pose for photo on the badminton court on day ten of the Tokyo 2020 Olympic Games at Musashino Forest Sport Plaza on August 02, 2021 in Chofu, Tokyo, Japan. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images)
Deretan pahlawan olahraga. (Foto: Getty Images/Richard Heathcote)
Jakarta -

Indonesia tengah merayakan Hari Pahlawan pada 10 November 2021. Berikut deretan beberapa pahlawan dari gelanggang olahraga.

Istimewanya pahlawan-pahlawan yang mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional ini berjuang dalam kondisi pandemi virus COVID-19. Deretan torehan prestasi berhasil mereka ciptakan bahkan levelnya sampai dunia. Siapa saja mereka?

Berikut daftar pahlawan olahraga Indonesia di tengah pandemi:

1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Dua pahlawan yang datangnya dari cabang bulutangkis ini tak hanya merupakan pahlawan Indonesia. Mereka mengukir sejarah dalam multievent Olimpiade setelah meraih medali emas untuk pertama kali bagi ganda putri Indonesia yang berlangsung 23 Juli-8 Agustus lalu.

Meskipun di tengah pandemi dan hampir seluruh turnamen bulutangkis batal dalam setahun terakhir tak menyurutkan keduanya untuk terus berlatih dan mempersiapkan diri menuju Olimpiade.

Terkhusus bagi Greysia, ia bahkan mencatatkan goresan tinta sejarah tersendiri usai menjadi pebulutangkis ganda putri tertua yang meraih medali emas di sepanjang perhelatan multievent empat tahunan tersebut. Saat itu usianya menginjak 33 tahun.

2. Eko Yuli Irawan

Eko ialah lifter andalan Indonesia yang tercatat sebagai atlet angkat besi tersukses dan merupakan orang Indonesia pertama menangi empat medali Olimpiade berturut-turut, bahkan dalam tiga kelas yang berbeda. Mulai dari mulai Olimpiade Beijing 2008, London 2012, Rio de Janeiro 2016, dan Tokyo 2020.

Padahal saat meraih medali keempatnya, Eko sempat menjalani persiapan yang terbatas di rumah karena wabah Corona yang belum mereda.

Belum lagi masalah internal dengan PABSI yang membuatnya harus menjalani latihan mandiri di luar mess Kwini. Beruntungnya, hal itu tak membuatnya menjadi hambatan. Sebaliknya menjadi motivasi untuk tampil terbaik.

Eko bahkan mencetak sejarah sebagai atlet Olimpiade kedua yang sukses meraih medali Olimpiade dalam empat edisi beruntun.

3. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ialah salah satu ganda putra andalan Indonesia yang merupakan pahlawan bangsa. Keduanya baru saja menjuarai German Open 2021 pada akhir pekan lalu.

Mereka layak disebut sebagai pahlawan setelah rentetan pretasi yang diciptakan bahkan dari tahun-tahun sebelumnya.

Minions, begitu ganda putra ini disapa, meskipun dalam kondisi tenaga terkuras habis karena menjalani turnamen beruntun dalam dua bulan terakhir namun mampu bangkit dan mengharumkan nama bangsa.

Kevin/Marcus bahkan sampai saat ini masih menjadi ganda nomor 1 dunia dan belum pernah tergeser sejak lama dalam papan peringkat Badminton World Federation.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT