ADVERTISEMENT

Siapa Pelaku 'Unboxing' Motor Ducati di WSBK Mandalika?

Tim detikcom - Sport
Kamis, 11 Nov 2021 14:45 WIB
Jakarta -

Ajang World Superbike (WSBK) Mandalika jadi perhatian media internasional, bahkan sebelum dimulai, gegara berita kargo motor Ducati dibongkar secara ilegal. Siapa pelaku tersebut?

Kabar itu dirilis oleh media asing Jerman, Speedweek. Pihak Ducati mengetahui bahwa Kargo motor milik rider Michael Rinaldi sudah terbuka. Speedweek mendapatkan video dari korespondennya di Indonesia.

Speedweek mengabarkan bahwa peti pengiriman motor milik Ducati itu dibuka oleh pekerja trek dari penyelenggara lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Video tersebut pun viral di sosial media!

Terlihat seorang pria yang membuka peti kargo, lalu berpose dengan motor Ducati tersebut. Aturannya jelas, kargo yang didatangkan tidak boleh sembarangan dibuka demi mencegah spionase dan tindakan manipulasi. Ini juga terkait dengan standar keamanan dan keselamatan para rider.

Ducati SBK(Dok. Instagram via Speedweek)

Kabar terbaru, dilansir dari CNNIndonesia, Head of Operation and Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato angkat bicara. Dia menyebut, pelaku yang melakukan 'unboxing' motor Ducati itu bukanlah pihak panitia melainkan oknum!

"Itu oknum (pelaku 'unboxing' motor peserta WSBK) yang memalukan. Bukan dari panitia," kata Dyan kepada melalui pesan singkat pada Kamis (11/11) siang.

Sebelumnya, Direktur eksekutif SBK, Gregorio Lavilla, memberikan keterangan mengenai kejadian itu. Dia juga mengungkap nasib pekerja yang sudah membuka kargo milik Ducati.

"Kami benar-benar meminta maaf, insiden kami di luar kendali kami," kata Lavilla di Speedweek.

"Pekerjanya sudah dipecat," kata dia menambahkan.

WSBK Indonesia seharusnya dilangsungkan 12-14 November, tapi diundur menjadi 19-21 November 2021 dan merupakan seri pamungkas dari 13 balapan musim ini.

Hal ini karena adanya pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang. Selain itu balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia.

(aff/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT