Sean Gelael: Mandalika Keren, Gak Kalah dengan Sirkuit Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 13 Nov 2021 01:08 WIB
Sean Gelael menjajal sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2012) pagi WITA.
Sean Gelael menjajal sirkuit Mandalika (dok.Sean Gelael)
Lombok -

Sean Gelael memberikan ponten bagus untuk sirkuit Mandalika. Menurutnya, Mandalika tak kalah mantapnya dengan sirkuit kelas dunia lainnya.

Sean sebagai pebalap internasional tentu punya banyak pengalaman berlaga di berbagai macam sirkuit di belahan dunia. Dia sudah pasti paham soal kondisi sirkuit yang pernah dijajal.

Selain itu, Sean mengerti apa saja syarat sebuah sirkuit bisa dikatakan bertaraf dunia. Itulah mengapa Sean diajak oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam acara peresmian sirkuit Mandalika, Jumat (12/11/2021) pagi WITA tadi.

Sean yang baru balik dari Bahrain usai mengikuti seri terakhir FIA WEC 2021, ikut juga menjajal trek dengan menggunakan motor bersama Presiden RI Joko Widodo. Dia mengelilingi sirkuit sepanjang 4 kilometer tersebut.

Sean Gelael menjajal sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2012) pagi WITA.Sean Gelael menjajal sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2012) pagi WITA. Foto: dok.Sean Gelael

Tak cuma menggunakan motor,. Sean juga sempat berkesempatan melakukan test drive dengan mobil BMW 330e, membawa beberapa pejabat seperti Menteri PUPR Basoeki Hadi Muljono, Ketua IMI Bambang Soesatyo, dan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edhi Marsudi.

Bagi Sean, sirkuit Mandalika meninggalkan kesan positif untuknya. Dia pun berterima kasih kepada pemerintah khususnya Presiden Jokowi karena mampu menghadirkan lagi sirkuit kelas dunia di Indonesia.

Ini tentunya jadi kabar gembira untuk motorsport Indonesia agar bisa lebih berkembang ke depannya, untuk bersaing di kelas dunia.

"Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi yang telah mewujudkan mimpi Indonesia punya sirkuit bertaraf internasional. Setelah menjajalnya sendiri, saya katakan Mandalika punya segala persyaratan. Layout oke, lintasan dan aspalnya bagus, dan pemandangannya luar biasa. Saya menilai Mandalika dibuat dengan niat dan tekad sempurna untuk jadi sirkuit kelas dunia. Dan eksekusi pembuatan dan penyelesaiannya mencerminkan itu semua. Salut!," ujar Sean dalam rilis kepada detikSport.

"Saya juga berterima kasih kepada Pak Bamsoet selaku Ketua IMI, yang tak henti-henti mendorong semua pihak agar motorsport Indonesia bangkit, apakah dari sisi olahraganya maupun pariwisatanya. Dan Mandalika bisa menjadi salah satu wahana ke arah sana."

Sirkuit Mandalika yang bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit, bakal jadi penentu gelar juara dunia World Superbike 2021 antara Toprak Razgatlioglu (Yamaha) dengan Jonathan Rea (Kawasaki) 19-21 November. Setelah itu, digunakan untuk tes pramusim MotoGP 2022 pada Februari dan lombanya di bulan Maret.

(mrp/pur)