Papua Siap Jadi Tuan Rumah Pengganti ASEAN Paragames 2021

Mercy Raya - Sport
Minggu, 14 Nov 2021 18:30 WIB
Peparnas 2021
Papua siap menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2021 kalau Vietnam mundur. (Foto: dok.NPC Indonesia)
Jakarta -

Papua disebut siap menjadi tuan rumah pengganti ASEAN Paragames 2021 jika Vietnam benar-benar batal. Kesuksesan menyelenggarakan PON dan Peparnas membuat Bumi Cenderawasih percaya diri.

Vietnam dalam laman e.vnexpress.net dikabarkan menggelar SEA Games pada Mei 2022, tetapi membatalkan ASEAN Para Games.

Sejumlah negara pun disebut sudah siap menjadi pengganti, termasuk Indonesia melalui Komite Paralimpiade Nasional (NPC Indonesia). Atas dasar itu, Papua yang sudah mendengar kabar tersebut mengaku siap bila diminta menjadi tuan rumah pengganti.

"Ya, kami sudah menawarkan diri kemarin. Karena kami sudah membuktikan di Peparnas ke-16 ini kami menjadi juara umum. Kenapa tidak? Apalagi venue-venue kami berstandar internasional dan (sudah mendapat) sertifikasi dari federasi olahraga-olahraga," kata Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa kepada detikSport, Minggu (14/11/2021).

"Jadi saya pikir keinginan itu ada sekali bagi kami. Kami lagi coba bicarakan intens dengan teman-teman dari NPC nanti dan juga dari Kemenpora," imbuhnya.

SEA Games 2021 diselenggarakan pertengahan Mei, maka ASEAN Paragames jika diselenggarakan akan berlangsung di bulan setelahnya. Soal waktu, Alexander tak khawatir dengan kesiapan daerahnya.

"Mungkin titik beratnya akan kami evaluasi pasca PON dan Peparnas secara khusus, kalau kita bicara internasional dari sisi ketersediaan akomodasi, itu yang paling penting mungkin. Tapi dari sisi venue sudah sangat siap sekali. Papua sangat siap sekali," kata Alexander.

"Dulu banyak orang yang pesimistis untuk PON kami sudah membuktikan torang bisa, apalagi yang seperti ini. Kami sangat siap sekali," dia menegaskan.

Sambil menunggu keputusan pemerintah Vietnam, pihaknya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh berkaitan dengan penyelenggaran PON dan Peparnas 2021.

"Nanti akan ada pertemuan evaluasi untuk secara keseluruhan karena baru saja Peparnas ditutup semalam. Jadi dalam waktu dekat ini baik pemerintah, PB PON, dan PB Peparnas akan duduk bersama berkaitan dengan evaluasi secara keseluruhan di dua multievent tersebut," tuturnya.



Simak Video "Senyum Semringah Jokowi Buka PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)