NPC Indonesia: Presiden Jokowi Dukung RI Gelar ASEAN Paragames 2021

Mercy Raya - Sport
Minggu, 14 Nov 2021 19:30 WIB
Jokowi, Presiden Jokowi, NPC Indonesia, Peparnas
Foto: dok. NPC Indonesia
Jakarta -

Vietnam sudah resmi membatalkan diri menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2021. Presiden RI Joko Widodo disebut mendukung Indonesia jadi tuan rumah pengganti.

Hal itu disampaikan Ketua Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Senny Marbun, yang menyebut pihaknya sudah menerima surat resmi dari Vietnam Paralympic Associantion (VPA) terkait pembatalan multievent olahraga khusus atlet difabel ke-11 tersebut.

VPA mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF), Osoth Bhavilai dan negara-negara anggota APSF termasuk Indonesia.

Dalam surat tertanggal 11 November 2021 yang ditandatangani oleh Presiden NPC Vietnam, Huynh Vinh Ai, memberi penjelasan tentang pelaksanaan ASEAN Para Games (APG). Vietnam memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan APG karena tingginya gelombang keempat penyebaran COVID-19 di Vietnam.

Selain masih tingginya kasus aktif COVID-19 di Vietnam, VPA juga melihat kasus yang sama di negara-negara anggota APSF juga masih tinggi sehingga memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Melihat situasi yang kini terus berkembang dan tidak bersedianya Vietnam menggelar multiajang olahraga tersebut, muncul rencana dari NPC Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Peluang Indonesia untuk menggelar ASEAN Para Games sedikit terbuka karena hal itu telah sempat dibicarakan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Saya telah membicarakan keinginan kita kepada Presiden Joko Widodo saat menemani beliau menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura, kemarin," kata Senny Marbun dalam rilis NPC Indonesia yang diterima detikSport, Minggu (14/11/2021).

"Secara lisan Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam," imbuhnya.

Senny menambahkan, untuk proses selanjutnya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games akan menunggu surat dukungan dari Presiden atau pemerintah.

"Intinya kita siap untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 jika nantinya ditunjuk oleh Federasi Para Sports Asia Tenggara," Senny menegaskan.

(mcy/krs)