Remy Gardner Juara Dunia Moto2 2021

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 14 Nov 2021 22:50 WIB
Moto2 rider Remy Gardner of Australia celebrates after winning the championship, at the end of the Valencia Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Ricardo Tormo circuit in Cheste, near Valencia, Spain, Sunday, Nov. 14, 2021. (AP Photo/Alberto Saiz)
Pebalap KTM Remy Gardner juara dunia Moto2 2021 (AP/Alberto Saiz)
Valencia -

Remy Gardner memang cuma finis kesepuluh pada balapan Moto2 Valencia 2021. Tapi, hasil itu cukup mengantarkan pebalap KTM itu menjadi juara dunia Moto2. Selamat!

Pada balapan di Ricardo Tormo Circuit, Minggu (14/11/2021) malam WIB, Gardner harus melalui perjuangan berat untuk jadi juara. Sebab, balapan Moto2 sudah bermasalah sejak karena adanya bendera merah berkibar.

Ini menyusul celakaan yang melibatkan Marco Bezzecchi, Xavi Vierge dan Lorenzo Baldassarri. Beruntung ketiga pembalap terhindar dari cedera dan bisa melanjutkan balapan.

Lalu, balapan juga sempat tertunda karena lintasan harus dibersihkan dari oli motor yang tumpah. Lalu, race direction memutuskan balapan dipotong jadi 16 lap dan start lagi berdasarkan grid awal.

Gardner yang kesulitan sejak awal memang terus tercecer di luar 10 besar, sementara Raul Fernandez sebagai pesaing terdekatnya sekaligus rekan setim di Red Bull KTM Ajo terus berada di posisi terdepan. Raul mendapat perlawanan dari Fabio Di Giannantonio dan Augusto Fernandez.

Lap demi lap berlalu, Gardner akhirnya bisa menembus posisi ke-10 dan mempertahankannya hingga akhir balapan. Sementara itu, Raul jadi pemenang disusul Di Giannantonio dan Augusto.

Dengan demikian, Gardner sudah bisa mengunci gelar juara dunia Moto2 dengan 311 poin, unggul empat angka dari Raul yang harus puas jadi runner-up. Di posisi ketiga ada pebalap SKY Racing Team VR46 Marco Bezzecchi dengan 214 poin disusul Sam Lowes dan Augusto dari Elf Marc VDS Racing Team.

Remy Gardner pun menyusul Kenny Roberts dan Kenny Roberts Jr, sebagai ayah-anak yang mampu jadi juara dunia balap motor. Remy adalah anak pebalap legenda Australia Wayne Gardner yang jadi juara dunia 500cc pada 1987.

Selamat untuk Gardner!

(mrp/ran)