Ini Simulasi Penjemputan Penonton WSBK ke Sirkuit Mandalika

Randy Prasatya - Sport
Selasa, 16 Nov 2021 00:01 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Ada proses penjemputan penonton untuk WSBK di Sirkuit Mandalika. (Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Lombok -

Gelaran World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tinggal menghitung hari. Persiapan untuk mobilisasi calon penonton terus dimatangkan.

Mobilisasi calon penonton disimulasikan pada Minggu (14/11/2021). Mereka yang sudah membeli tiket, baik secara online maupun manual, dapat menuju Sirkuit Mandalika dengan sejumlah cara.

"Pertama shuttlebus ada di 5 titik yaitu eks Bandara Selaparang, parkiran Bandara Bizam, Pelabuhan Khayangan, Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Bangsal," jelas Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).

Di eks Bandara Selaparang, penyelenggara menyediakan 25 bus gratis, di Parkiran Bandara Bizam disediakan 5 bus dan 150 minibus, kemudian di Pelabuhan Khayangan disiapkan 26 minibus. Selanjutnya di Pelabuhan Lembar disiapkan 25 unit minibus, serta terakhir di Pelabuhan Bangsal disiapkan 16 unit minibus.

"Ke semua titik tersebut siap mengantar kedua titik kantong parkir yang ada di parkir barat, Masjid Nurul Bilad Mandalika dan Parkir Timur wilayah Songgom," tutur Artanto.

"Alternatif lain bagi masyarakat yang tidak mendapat shuttle bus akan disiapkan ASK (angkutan sewa khusus) sejumlah 540 unit dari Organda, dengan harga yang sudah ditetapkan oleh Kadis Perhubungan Provinsi NTB," sambung Artanto.

Artanto menjelaskan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi akan diberi stiker oleh Dishub. Namun, lanjut Artanto, calon penonton harus menunjukkan bukti pembelian tiket terlebih dahulu.

"Stiker pada mobil dan motor tersebut akan berguna masuk lokasi kantong-kantong parkir di Mandalika. Bila tidak ada stiker maka tidak diijinkan masuk lokasi kantor parkir," tegas Artanto.

"Adapun penyekatan jalur dan pemberian stiker pada mobil dan motor di lokasi Tembolak, lokasi Patung Sapi, Batu Jahe, Bundaran Bandara. Adapun di kedua lokasi kantor parkir (Masjid Nurul Bilad dan Songgom) disiapkan 104 shuttle bus yang akan membawa penonton ke Sirkuit Mandalika," imbuh Artanto.

Masih kata Artanto, penonton wajib membawa bukti pembelian tiket dan menukarnya menjadi tiket di lokasi kantong parkir. Artanto pun menuturkan penggunaan masker jadi syarat wajib penonton masuk ke area Sirkuit Mandalika.

"Penyekatan dan pemeriksaan calon penonton tersebut dilakukan oleh gabungan TNI-Polri dan Dishub. Jadi bagi masyarakat yang akan menonton memang betul-betul sudah punya tiket," terang Artanto.

"Bila tidak punya tiket, maka tidak akan bisa masuk kantong parkir. Dan akan diputar balik di Bundaran Bandara atau di Bundaran Songgom," lanjut Artanto.

Terakhir, Artanto menyebut calon penonton akan dites swab antigen sebelum menaiki shuttle bus dan memasuki area Sirkuit Mandalika.



Simak Video "Mulai dari Rp 600 Ribu, Ini Daftar Harga Tiket WSBK di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)