Bentrok dengan Le Mans, Sean Mustahil Turun di Formula E Jakarta

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 19 Nov 2021 22:17 WIB
Sean Gelael
Sean Gelael takkan tampil di Formula E Jakarta tahun depan (Istimewa)
Jakarta -

Sean Gelael digadang-gadang bakal jadi wakil Indonesia pada seri Formula E Jakarta. Tapi jadwal padat tahun depan membuat Sean mustahil tampil di sana.

Jakarta akan jadi salah satu tuan rumah seri Formula E tahun depan. Rencananya balapan tersebut akan dihelat pada 4 Juni 2022 dan venue-nya belum ditentukan sampai saat ini.

Dalam acara peresmian sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat pekan lalu, Presiden RI Joko Widodo secara langsung bertemu Sean Gelael dan Ketua IMI Bambang Soesatyo.

Jokowi secara langsung menantang Sean untuk tampil sebagai pebalap tuan rumah di ajang Formula E. Tantangan itu tentu jadi ujian tersendiri bagi Sean, karena tidak mudah juga menerima atau menolaknya.

Apalagi yang meminta adalah orang nomor satu di negara ini. Maka dari itu, Sean belum bisa memberikan jawabannya. Berbeda dengan Sean, ayahnya Ricardo Gelael justru memberikan jawaban yang lebih lugas.

Bagi Ricardo, Sean lebih cocok dengan balapan World Endurance Championship (WEC) ketimbang Formula 2 atau Formula E yang sejenis. Sebab balapan WEC menguji ketahanan dan kekompakan antarpebalap dalam satu tim.

Gaya membalap F2 dan Formula E yang lebih halus juga jadi kendala, karena Sean lebih suka "tancap gas" seperti di WEC saat ini. Selain soal teknis, ada juga faktor jadwal yang membuat Sean tidak mungkin membalap di Formula E Jakarta tahun depan.

Sebab Sean sudah terikat jadwal dengan tim barunya WRT sedari Maret hingga November, total ada enam seri. Kebetulan Formula E dihelat 4 Juni atau selang seminggu sebelum seri Le Mans pada 11-12 Juni.

Tapi, ada aturan bahwa pebalap yang akan turun di Le Mans wajib mengikuti balapan uji coba sepekan sebelumnya. Maka mustahil Sean mengikuti balapan Formula E di Jakarta pada siang hari dan langsung terbang ke Le Mans di hari yang sama.

"Jadwalnya bentrok karena Sean harus ikut balapan ujicoba wajib untuk Le Mans tahun depan. Jadi gak mungkin juga lah dia tampil di Formula E. Kalaupun ada satu kursi kosong di Formula E tahun depan, timnya papan bawah. Sean bisa mendapat hasil memalukan kalau masuk tim itu," ujar Ricardo Gelael dalam perbincangan dengan sejumlah media termasuk detikSport di kediamannya, Prapanca, Jakarta Selatan, Kamis (18/11/2021) malam WIB.

(mrp/krs)