350 Pebalap Meriahkan Kejuaraan Grasstrack Motocross di Jepara

Dian Utoro Aji - Sport
Sabtu, 20 Nov 2021 20:45 WIB
Ratusan pembalap motor ikuti kejuaraan daerah bertajuk Grasstrack Motocross 2021. Perlombaan digelar di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu 20 November 2021.
Kejuaraan daerah motocross Grasstrack Motocross 2021 di Kabupaten Jepara. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Ratusan pembalap motor mengikuti kejuaraan daerah bertajuk Grasstrack Motocross 2021. Perlombaan digelar di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Grasstrack Motocross 2021 digelar di Sirkut Dian Rakashima, Kabupaten Jepara. Sebanyak 350 rider ditantang untuk menjinakkan sirkuit yang memiliki jumlah belokan terbanyak.

"Ada 350 peserta. Ada peserta nasional ada Akbar Taufan, Riski Hana, Edi Riyanto. Untuk hari ini tingkat lokal Jepara dan Karisidenan Pati dan dan besok hari Minggu (20/11) untuk umum ada rider kelas nasional juga," kata Ketua Komunitas Grasstrack Motorcross Jepara (KGMJ) Yuli Sugiyanto kepada wartawan ditemui di lokasi, Sabtu (20/11/2021).

Yuli mengatakan ratusan rider tersebut berasal dari berbagai daerah, di antaranya Kalimantan, Bali dan Jawa Timur. Menurutnya mayoritas berasal dari Jawa Tengah. Mereka mengikuti kejuaraan selama dua hari mulai Sabtu (20/11) hingga Minggu (21/11).

"Mereka akan merebutkan Piala Bupati Jepara. Ada 26 kelas yang dilombakan, meliputi bebek STD pemula open, bebek modifikasi open, SE 85 cc, hingga bebek STD pabrik," terang Yuli yang juga ketua penyelenggara acara Grasstrack Motocross Jepara 2021.

Di kesempatan yang sama, Ketua Federasi Olahraga Balap Motor Jepara M. Latifun menilai sirkuit yang rencananya baru diresmikan besok tersebut memiliki keunikan, terutama pada jumlah tikungan banyak dan tanjakannya. Belum lagi bentuk tanah yang tidak merata, sehingga menjadi tantangan bagi para rider.

"Kalau informasi yang kami terima dari teman-teman pembalap ini tantangan di sirkuit kita adalah lika-likunya lebih banyak dibandingkan sirkuit yang lain, sama tanjakannya sehingga menjadikan sebuah tantangan para rider, para pemain ini. Kebetulan juga kontur sirkuit kita tidak rata sehingga ini menjadi tantangan tersendiri," jelas Latifun kepada wartawan ditemui di lokasi siang ini.

Ratusan pembalap motor ikuti kejuaraan daerah bertajuk Grasstrack Motocross 2021. Perlombaan digelar di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu 20 November 2021.Ratusan pembalap motor ikuti kejuaraan daerah bertajuk Grasstrack Motocross 2021. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

Rencananya, sirkuit yang sebelumnya dikenal dengan Kawasan Kelapa Park Jepara itu akan diresmikan dan berganti menjadi Sirkuit Dian Rakashima. Latifun pun berharap agar ke depan pemerintah daerah serius membangun sirkuit balapan, sehingga dapat memajukan olahraga otomotif di Kota Ukir.

"Harapan kita dengan sirkuit ini kita berharap pemerintah daerah tidak memandang sebelah untuk menyelesaikan sirkuit ini, karena baru berfungsi grasstrack-nya, road race, drag race kan belum," ungkap dia.

"Sehingga harapan kami bisa dibangun jalannya dulu, sehingga akan bermanfaat bagi dunia otomotif di Kabupaten Jepara. Kalau grasstrack informasinya kita terbaik di pulau Jawa secara umum terbaik di nasional karena menampung beberapa event dalam satu sirkuit," pungkas Latifun.



Simak Video "Polisi Tangkap Buron Kasus Penipuan Bermodus Gendam di Jateng!"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)