ADVERTISEMENT

Tim Hoki Indonesia Gelar TC, Ini Dia Para Pemainnya

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 21 Nov 2021 06:09 WIB
Timnas Hoki Indonesia Putra dan Putri jalani TC untuk persiapan kejuaraan di Thailand tahun depan
Timnas Hoki Indonesia ingin tampil di PIala Dunia 2024 (dok.PP Federasi Hoki Indonesia)
Depok -

Timnas Hoki Indonesia menargetkan lolos ke Piala Dunia Hoki 2024. Maka dari itu, pemusatan latihan dihelat sejak dini.

Hal ini dikatakan oleh Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) yang dipimpin Brigjen TNI Yus Adi Kamrullah. Program pembinaan atlet dilakukan sejak bulan ini dengan jumlah 50 pemain.

Dari 50 pemain itu, ada 25 putra dan 25 putri yang sudah disaring sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua kemarin. Training camp akan dipusatkan di Sports Hall Arthayasa Cinere, Depok, Jawa Barat.

Target pertamanya adalah tampil di ajang Kejuaraan Hoki Indoor Asia yang dihelat di Thailand, 21-28 Maret 2022 dan lolos hingga babak final agar bisa meraih tiket ke Piala Dunia Hoki 2024.

"Setelah diskusi dengan pelatih asal Malaysia, Dharma Raj, PP FHI memutuskan TC Timnas Hoki Indoor Indonesia harus segera dijalankan. Pertimbangannya bukan hanya kondisi fisik pemain hockey dari berbagai daerah yang masih bagus tetapi waktu TC selama empat bulan itu sangat ideal dalam upaya mencapai target final sekaligus meraih tiket ke World Cup 2024," kata Sekjen PP FHI, Yasser Arafat Suaidy, saat membuka TC, Sabtu (20/11/2021).

Dalam menjalankan TC , FHI menggunakan biaya mandiri untuk menyewa Sport Hall Arthayasa dan memasang interlock (lapisan permukaan lapangan indoor). Meski demikian, FHI yakin Kemenpora bisa mengucurkan dana dalam waktu dekat.

Dari hasil TC itu, akan dijaring 12 pemain putra dan 12 pemain putri untuk timnas hoki indoor.

"Saat ini, PP FHI menjalankan TC masih menggunakan biaya mandiri. Dan, kami yakin Kemenpora akan memberikan perhatian dan dukungan," sambung Yasser dalam rilis kepada detikSport.

"Kalau target final bisa terpenuhi berarti Timnas Hoki Indonesia akan mencatat sejarah pertama kali tampil di World Cup. Kami juga akan menjalani TC di Eropa."

Sebagai salah satu bentuk komitmen FHI, mereka menunjuk Dharma Raj sebagai pelatih. Raj sebelumnya berpengalaman menangani timnas hoki Malaysia. Dia yakin waktu latihan empat bulan sudah cukup untuk membentuk tim yang kompetitif.

"Saya akan berusaha maksimal untuk mewujudkan keinginan PP FHI. Dan, saya berharap pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan sehingga TC terus berjalan dan terbentuk Timnas Hockey Indoor Indonesia yang berkualitas dan siap bersaing," ujarnya.

Dharma Raj pernah membawa Timnas Hoki Junior Malaysia menjadi juara Asia 2012 dan lolos ke Piala Dunia 2013. Dia menilai para pemain hoki di Indonesia berbakat sehingga berpeluang besar untuk lolos ke Piala Dunia.

"Saya paham benar dengan peta kekuatan hoki indoor di kawasan Asia. Untuk bisa lolos ke World Cup 2024, Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia harus menjadi finalis. Saya rasa kita punya peluang mendampingi Iran yang selalu merajai event Asia. Skill pemain hoki Indonesia itu tidak jauh berbeda dengan Malaysia dan Kazakhstan yang biasanya menjadi runner up sekaligus mendampingi Iran di World Cup," kata Dharma Raj.

"Begitu juga dengan Timnas hoki indoor Putri Indonesia yang harus merebut gelar juara untuk mendapatkan tiket ke World Cup 2024 bersaing dengan Malaysia dan Thailand yang biasanya menjadi wakil Asia di World Cup," tambahnya.

Secara terpisah pemain hoki putri Jawa Barat, Rahma Dwi Aulia, senang bisa ikut TC dan siap memperebutkan tempat ke kejuaraan hoki indoor Asia tahun depan.

Timnas Hoki Indonesia Putra dan Putri jalani TC untuk persiapan kejuaraan di Thailand tahun depanTimnas Hoki Indonesia Putri jalani TC untuk persiapan kejuaraan di Thailand tahun depan Foto: dok.PP Federasi Hoki Indonesia

"Saya siap bersaing untuk merebut tempat di Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia," kata Rahma yang menjadi kunci kesuksesan Jawa Barat saat mengalahkan DKI Jakarta di final PON Papua 2020.

"Ya, saya itu menunda thesis karena adanya TC Timnas Hockey Indoor. Makanya, saya harus bisa menebusnya dengan memperkuat Timnas Hockey Indoor Putra Indonesia di Asia Cup 2022 nanti," timpal Muhamad Alfiana yang akan mengambil S-2 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Tekad yang sama juga dilontarkan tiga pemain hoki putra asal Papua, yakni Dames Firad Maryen, Melkias Matias Numanderi, dan Putus Beleku. "Ini pertama kali saya dipanggil TC Timnas hoki Indonesia. Target saya harus bisa terpilih memperkuat Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia," papar Dames.

Untuk melihat list pemain yang ikut training camp, silakan lihat halaman berikutnya:

TC Timnas Hoki Indoor Indonesia untuk Kejuaraan Asia

Pelatih Kepala : Dharma Raj (Malaysia)
Pelatih Putra : 1. Irwan Hermawan (Jawa Barat), 2. Habib Rohim (Jawa Timur), 3. Dian Indriansyah (Jawa Barat)
Pelatih Putri : 1. Dadan M Ramdani (DKI Jakarta), 2. Yuda K Rhamdani (Jawa Barat), 3. Sisworo (Jawa Tengah)
Putra : 1. Adi Darmawan (Banten), 2. Ahmad Fikri (GK-Banten), 3. Ahdan Asasi Ramadhan (DKI Jakarta), 4. Astri Rahmad (DKI Jakarta), 5. Darul Quthni (DKI Jakarta), 6. Alam Fajar Kusuma (GK-Jawa Barat), 7. Candra Juli Prawesti (Jawa Barat), 8. Fajar Jaelani (Jawa Barat), 9. Muhammad Alfiana (Jawa Barat), 10. Prima Rinaldi (Jawa Barat), 11. Revo Prialiandro (Jawa Barat), 12. Tomi Efendi (GK-Jawa Barat), 13. Prasetyo Rio (Jawa Tengah), 14. Andrea Guntara (Jawa Timur), 15. Ferdian Fathur Rahman (Jawa Timur), 16. Ilham Wiranata Kusuma (GK-Jawa Timur), 17. Julian Agung Mahendra (Jawa Timur), 19. Muhamad Hendri Firdaus (Jawa Timur), 20. Dames Firad Maryen (Papua), 21. Melkias Matias Numanderi (Papua), 22. Putus Beleku (Papua).

Putri : 1. Annur Amali (DKI Jakarta), 2. Raihan Jannataini (DKI Jakarta), 3. Rwede Sabatine (DKI Jakarta), 4. Sarah Amania (GK-DKI Jakarta), 5. Al Melis Kusmiati (Jawa Barat), 6. Nuraini Sugiarti (Jawa Barat), 7. Patmawati (Jawa Barat), 8. Rahma Dwi Aulia (Jawa Barat), 9. Raisa Martika (Jawa Barat), 10. Siti Anisa (GK-Jawa Barat), 11. Desi Ratna Wardani (Jawa Tengah), 12. Putri Krismonita (GK-Jawa Tengah), 13. Risnani Oktafiani (Jawa Tengah), 14. Uun Lailin Ni'mah (Jawa Tengah), 15. Winda Ridsiyanti (Jawa Tengah), 16. Zulita Dwi Aprilia (Jawa Tengah), 17. Aulia Gassani (Jawa Timur), 18. Infun Mina Mirino (Papua), 19. Lina Rumaropen (Papua), 20. Nova Trivena Korwa (Papua), 21. Olivia Kbarek (Papua), 22. Lasriani Tamba (Sumatera Utara).



Simak Video "Underwater Hockey, Olahraga Air yang Mulai Digemari, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT