Sean Gelael Jelaskan Insiden 'Jumpalitan' dengan Bamsoet

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 29 Nov 2021 00:35 WIB
Sean Gelael
Sean Gelael jelaskan insiden mobilnya yang terbalik di Reli Meikarta (dok.Sean Gelael)
Jakarta -

Sean Gelael mengaku sempat terkejut dengan insiden yang dialaminya bareng Ketua IMI Bambang Soesatyo. Berikut penjelasannya.

Sean dan Bamsoet mengikuti event Kejurnas Reli Meikarta, Bekasi, Sabtu (27/11/2021) dalam kapasitasnya sebagai undangan atau eksebisi. Sean mengendarai Citroen C3 R5 ditemani Bamsoet di Super Stage (SS) 2.

Namun, Sean dan Bamsoet mengalami kecelakaan saat mobilnya terguling di gravel sehingga tidak bisa menuntaskan SS2. Insiden itu lantas menjadi viral di media sosial.

Menanggapi pemberitaan yang ramai selama 24 jam terakhir, Sean bersama ayahnya Ricardo Gelael, pelatih balap Nuno Ricardo Pinto, dan engineer Citroen Daniel Silva, coba menjelaskan kepada detikSport serta sejumlah media di kediamannya, Prapanca, Jakarta Selatan, Minggu (28/11/2021) malam WIB.

Sean GelaelMobil Sean Gelael yang rusak insiden di reli Meikarta Foto: dok.Sean Gelael

Menurut Sean, awalnya ia belum menyadari betul penyebab mobilnya terguling. Barulah setelah membongkar habis mobilnya, lalu membuka data telemetri, plus memutar ulang video, Sean bisa mengambil kesimpulan.

Ia pun bersyukur mobil Citroen miliknya masih dalam kondisi yang "baik" terutama rollbar dan mesin. Hanya beberapa bagian mobil seperti bemper depan dan belakang yang rusak.

"Tapi kerusakan yang ada adalah karena dampak dari tabrakan, bukan sebelum tabrakan. Artinya, sebelum insiden mobil dalam kondisi fine, baik-baik saja," ujar Ricardo.

"Jujur, sebelum buka telemetri saya menyangka saya melaju lebih cepat dari sebelumnya, tapi ternyata tidak. Pada saat shakedown hari Jumat yang kering saya melaju 110 km/jam di tempat kecelakaan. Lalu pada SS1 karena becek setelah semalaman hujan saya mengurangi kecepatan dengan melaju 107 km/jam. Dan pada SS2 yang mulai mengering kecepatan saya 109 km/jam. Kesimpulannya, kecepatan saya kurang lebih sama," timpal Sean.