Sean Gelael Ikut Reli Akhir Pekan ini, Tandem dengan Bamsoet

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 27 Nov 2021 02:04 WIB
Sean Gelael Raih Runner-up WEC 2021, Bamsoet: Pahlawan Motorsport RI!
Sean Gelael ikut reli akhir pekan ini, tandem dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Dok. MPR RI)
Cikarang -

Sean Gelael mengisi waktu liburannya dengan ikut Kejurnas Sprint Rally akhir pekan ini. Sean akan ditemani Ketua MPR dan IMI Pusat, Bambang Soesatyo, sebagai navigatornya.

Sean baru saja menuntaskan kiprahnya di World Endurance Championship (WEC) 2021 dua pekan lalu. Bergabung di tim JOTA Sport, Sean bersama Tom Blomqvist dan Stofel Vandoorne finis runner-up di kelas LMP2.

Ini tentu bukan pencapaian buruk bagi Sean yang baru melakoni debutnya di balapan ketahanan itu, setelah pindah dari Formula 2 yang digeluti sejak 2017. Nah, karena musim WEC 2021 baru dimulai Maret nanti, Sean punya banyak waktu luang.

Salah satu yang akan dilakukan pebalap 24 tahun itu adalah mengikuti seri terakhir Kejurnas Sprint Rally. Ini adalah seri keempat setelah tiga seri sebelumnya dihelat di Tanjung Lesung dan dua kali di Sentul.

Seri keempat bertermpat di Sirkuit Reli Meikarta, Bekasi, 27-28 November. Sean sudah berada di sana sejak, Jumat (26/11) untuk menjajal lintasan saat shakedown. Sesi uji coba itu penting terutama Sean mengingat pada 2019 tidak ada lintasan gravel (tanah liat) dan baru tahun ini diadakan.

Ini jadi kali kedua Sean mengikuti reli ini setelah yang pertama pada 2019 di Meikarta dan jadi pemenangnya.

"Tujuan saya ikut kejurnas ini benar-benar ingin meramaikan sekaligus mencoba membantu membangkitkan kembali motorsport Indonesia. Belum lama saya melihat sendiri geliat itu ada di Mandalika lewat World Superbike," ujar Sean Gelael dalam rilis kepada detikSport.

"Dan sekarang untuk reli, saya salut karena panitia tak kendur oleh pandemi, di mana tiga seri kejurnas sudah digelar dengan baik. Walau hanya bisa ikut satu seri, tapi saya berharap bisa bersaing dengan para peserta lain," sambungnya.

Sebagai tandem Sean sekaligus navigator, ditunjuklah Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus ketua MPR Bambang Soesatyo. Dia merasa terhormat bisa didampingi oleh Bamsoet yang juga penggila otomotif.

"Semoga Pak Bamsoet nanti menikmatinya," papar Sean.

Di antara para pesaing Sean di Meikarta ada pimpinan klasemen sementara, Rifat Sungkar. Reli Meikarta akan melombakan 4 SS, masing-masing dua pada Sabtu dan Minggu.

Seperti terjadi saat shakedown, tantangan para pebalap adalah cuaca yang berubah yang membuat lintasan bisa kering dan basah atau becek. Dengan jumlah peserta yang mencapai puluhan, ada kemungkinan peserta satu dan lainnya mendapati lintasan berbeda.

Mereka yang mendapat lintasan kering tentu diuntungkan dibanding basah, Meski demikian, Sean enggan memusingkannya.

"Tapi asyiknya balapan ya di situ. Saya akan enjoy saja, toh tampil di sini tanpa beban," demikian Sean Gelael.

(mrp/bay)