Pesan Menpora ke Cabang Olahraga Lain: Tirulah PBSI

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Rabu, 01 Des 2021 16:39 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora ke Cabor Lain: Tirulah PBSI (Foto: Rifqi Ardita Widianto/detikSport)
Nusa Dua -

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Zainudin Amali mengecek langsung gelaran Indonesia Badminton Festival di Bali. Menpora puas dengan kinerja PBSI.

Menpora Zainudin Amali hadir ke area bubble Indonesia Badminton Festival (IBF) di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Rabu (1/12/2021) siang. Ia kemudian menyaksikan pertandingan BWF World Tour Finals di Hall Bali International Convention Center, lalu mengecek area tes doping, dan menemui awak media.

Menpora memuji penyelenggaraan IBF, yang merupakan rangkaian tiga turnamen: Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals, khususnya dalam hal protokol kesehatan. Zainudin Amali mengapresiasi penerapan sistem gelembung dan pengetesan COVID-19 secara berkala oleh panitia.

"Kehadiran saya di sini, yang pertama mengecek penerapan prokes. Sebab itu yang paling penting dan pada saat kami mengeluarkan rekomendasi, kita gelar rakor, PBSI menyampaikan tentang urutan sejak kedatangan dan sebagainya," ungkapnya kepada para wartawan didampingi Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna.

"Dan ternyata ini luar biasa, ini bisa menjadi contoh buat penyelenggaraan-penyelenggaraan kegiatan olahraga. Pak Ketua Umum PBSI, terima kasih, luar biasa apa yang sudah dilakukan. Saya mendapatkan cerita, tapi saya harus buktikan sendiri, dan saya juga tadi sudah di dalam."

"Dengan cara penanganan secara berkala untuk tes baik PCR maupun antigen, saya kira ini sudah sangat memadai, bahkan lebih dari memadai. Jadi saya apresiasi, kepada pak ketua umum PBSI, teman-teman penyelenggara, dan tentu untuk BWF juga ya, sudah mempercayakan Indonesia menjadi tuan rumah dan kita buktikan bisa menjadi tuan rumah yang baik," imbuh Zainudin.

Menpora Zainudin AmaliMenpora Zainudin Amali (kiri) (Rifqi Ardita Widianto/detikSport)

Politisi partai Golkar itu percaya pagelaran Indonesia Badminton Festival bisa menjadi acuan untuk olahraga-olahraga lain, yang berniat menyelenggarakan ajang. Konsep gelembung di Bali ini bukan cuma mengutamakan keamanan, melainkan juga peduli terhadap kondisi psikologis para atlet.

"Sederhana rekomendasinya, contohlah PBSI. Itu aja. Jadi kalau mau tahu bagaimana caranya, tanya ke PBSI dan pasti akan dikasih tahu. Itu aja," imbuh Zainudin Amali.

(raw/aff)