ISSOM 2021: Akhir Manis Avila Bahar

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 06 Des 2021 23:11 WIB
Avila Bahar-Alvin Bahar, bapak-anak pebalap Honda Racing Indonesia di ISSOM 2021
Avila Bahar akhirnya menang juga di seri keenam ISSOM 2021 (Honda Racing Indonesia)
Sentul -

Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 sudah selesai. Pebalap muda Honda Racing Indonesia Avila Bahar menutupnya dengan sempurna.

Pada seri keenam yag dihelat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (5/12/2021), Avila mencoba meraih kemenangan pertamanya musim ini setelah dipastikan jadi juara nasional kelas 1500 ITCR Rising Star di seri kelima dua pekan lalu.

Avila pun langsung tancap gas sejak sesi latihan resmi Jumat lalu hingga meraih superpole pada sesi Kualifikasi di hari Sabtu. Avila mencatatkan waktu 1 menit 53,09 detik yang merupakan rekor pribadinya, mengalahkan para pebalap lain di kisaran 1 menit 54 detik atau 1 menit 55 detik.

Lalu pada saat balapan, Avila tak terkejar sedari start. Meski sempat ada tiga kali safety car, Avila akhirnya finis pertama dengan fastest lap 2 menit 01,462 detik.

Capaian waktu Avial ini melebihi rata-rata pebalap senior seperti Fitra Eri, Rio SB, atau Avan Abdullah yang membuat waktu 2 menit 02 detik hingga 2,06 detik. Hasil yang membuat Avila senang bukan main karena dia bisa juga meraih podium pertama di ISSOM setelah menunggu enam seri.

"Terima kasih buat semua, sungguh 'perfect weekend'. Saya puas banget dengan hasil ini. Tahun depan, siap ke seeded A," ujar Avila usai balapan yang langsung disambut pelukan hangat sang ayah Alvin Bahar dan sejumlah kru tim Honda Racing Indonesia.

Avila Bahar-Alvin Bahar, bapak-anak pebalap Honda Racing Indonesia di ISSOM 2021Avila Bahar-Alvin Bahar, bapak-anak pebalap Honda Racing Indonesia di ISSOM 2021 Foto: Honda Racing Indonesia

Tim Honda Racing Indonesia yang menaungi Avila di tahun pertamanya bangga dengan prestasi putra sulung Alvin Bahar tersebut. Alvin pun berharap putranya yang baru berusia 19 tahun itu bisa lehih baik tahun depan, jika masuk Seeded A.

"Sebuah prestasi gemilang sepanjang 2021, bahkan di putaran terakhir ia mencatat pencapaian sempurna. Saya puas dengan apa yang ia capai. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi," tutur Alvin Bahar yang juga menjabat Direktur Honda Racing Indonesia dalam rilis kepada detikSport.

Selamat buat Avila Bahar!

(mrp/pur)