Indonesia Raih 2 Emas, 1 Perak, 1 Perunggu di Kejuaraan Karate-Do Asia

Muhammad Robbani - Sport
Minggu, 19 Des 2021 15:22 WIB
Timnas Karate Indonesia di Kejuaraan Karate-Do Asia 2021 yang berlangsung di Almaty, Kazakhstan 18-22 Desember 2021.
indonesia raih dua emas dari Kejuaraan Karate-do Asia di Kazakhstan. (Foto: Dok. Timnas Karate Indonesia)
Jakarta -

Timnas karate Indonesia berhasil meraih dua medali emas dari Kejuaraan Karate-Do Asia 2021 di Almaty, Kazakhstan. Masih ada peluang menambah medali.

Indonesia ikut serta dalam Kejuaraan Karate-Do di Almaty, Kazakhstan pada 18-22 Desember 2021 ini. Sejauh ini Merah-Putih sudah merebut dua emas.

Medali emas diraih Akio Zaiko yang turun di nomor Kata individual Kadet dan Hazel Ramadhan di Kata Individual Junior. Selain itu, Timnas karate Indonesia juga berhasil meraih satu perak dan satu perunggu dari ajang tersebut.

Medali perak diperoleh Tiara Sandy yang turun di kategori Kumite +54 kg Kadet Putri. Sedangkan perunggu dibawa pulang Nadila Alya dari kelas Kata individual Kadet Putri.

"Dengan demikian, maka hasil ini sudah di atas target semula yakni meraih 2 emas. Mohon dukungan dari masyarakat untuk atlet-atlet kita yang masih akan bertanding sampai 22 Desember mendatang, supaya bisa menambah perolehan medali buat Indonesia," ucap Harmen Saputra, Manajer Tim Kadet, Junior dan Under 21, Sabtu (18/12) waktu setempat atau Minggu (19/12) WIB.

Head of Delegation Tim Karate Indonesia Darly Siregar menyebut bahwa ini baru hasil hari pertama Kejuaraan Karate-Do Asia. Masih ada peluang untuk menambah raihan medali sampai hari terakhir.

"Pencapaian yang luar biasa dan diharapkan tetap berlanjut di hari kedua hingga hari kelima. Semua bisa terjadi berkat kekompakan tim yang solid yang terdiri dari empat pilar yaitu pengurus, pelatih, atlet dan wasit/juri," ujar Darly Siregar.

"Dan tentunya semangat juang anak-anak. Walaupun cuaca dingin, tapi semangat atlet dan pelatih tidak pernah dingin," ucapnya.

Di sisi lain, bendera Indonesia masih belum bisa dikibarkan pada seremonial dua medali emas yang diraih Timnas Karate. Ofisial dari Tim Karate Indonesia Ricky Muchtar menegaskan bahwa itu tidak mengganggu fokus para atlet untuk tetap mengukir prestasi.

"Walaupun pada acara penyerahan medali, bendera Merah Putih tidak dapat dikibarkan karena hukuman dari Badan Anti Doping Dunia belum berakhir, namun itu tidak menyurutkan nilai juang atlet Garuda Indonesia," ucap Ricky.

"Tentunya kami tetap berharap masalah sanksi doping terhadap LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia) agar segera berakhir supaya Merah Putih bisa kembali berkibar," ucapnya.



Simak Video "D'battle Arena Detikcom 2022 is Back!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)