ADVERTISEMENT

5 Tanda Seseorang Punya Mental Kuat, Kamu Salah Satunya?

Nada Zeitalini Arani - Sport
Selasa, 21 Des 2021 21:13 WIB
Kekuatan diri
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Beberapa orang memiliki ciri mental yang kuat dalam menghadapi segala hal. Orang-orang tersebut biasanya menggambarkan kekuatan mentalnya sekuat baja.

Kekuatan atau ketangguhan mental bukanlah sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Itu merupakan hal yang bisa pelajari sepanjang perjalanan hidup. Hal ini juga memungkinkan untuk bisa dilakukan oleh semua orang. Lantas apa saja kah yang menandakan seseorang punya mental yang kuat?

Dilansir dari situs resmi inc, berikut contoh sifat atau tanda orang dengan mental kuat.

1. Kemauan untuk Belajar dan Berkembang

Kemauan yang besar untuk terus belajar dan berkembang membuat seseorang lebih kuat secara mental. Membaca, bereksperimen, mempelajari, dan merenungkan. Orang-orang yang sukses tidak pernah berhenti belajar, bahkan dari kekalahan, dan itulah yang membuat mereka memiliki mental lebih kuat.

2. Optimisme

Optimisme menjadi satu hal yang membuat kita maju karena memiliki harapan. Jika tidak ada harapan, maka tidak ada tindakan dan dengan demikian pula tidak akan ada hasil. Orang yang kuat secara mental percaya pada diri mereka sendiri dan percaya pada iman. Kegagalan melihat harapan dalam segala hal akan membuat seseorang gagal bahkan sebelum mencobanya.

3. Konsistensi

Seperti yang sudah dibahas bahwa orang yang kuat secara mental tidak dilahirkan kuat secara mental, akan tetapi mereka belajar di sepanjang jalan. Sebab kesuksesan tidak datang dalam satu atau dua hari, tetapi membutuhkan konsistensi.

4. Kesadaran Diri

Untuk memiliki mental yang kuat butuh mengetahui visi dan tujuan hidup. Dari sana maka bisa menentukan identitas diri. Misalnya kekuatan, kelemahan, peran, posisi, dan tujuan. Orang yang sadar diri memiliki mental yang lebih kuat karena tahu bagaimana menghadapi keadaan dan lingkungan.

5. Merangkul Ketidakpastian

Kepastian dan keamanan adalah hakikat yang dimiliki umat manusia. Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan secara akurat. Orang-orang lemah mungkin akan lari dari hal ini, namun orang dengan mental kuat akan merangkulnya.

Itulah beberapa ciri atau sifat yang dimiliki oleh orang dengan kekuatan mental. Apakah kamu salah satunya?

Untuk mendukung orang-orang yang memiliki mental kuat, Under Armour berkolaborasi dengan banyak orang dan atlet profesional untuk menggaungkan kampanye The Only Way is Through (TOWIT). Sebab kekuatan mental bisa menjadi faktor pendorong bagi seseorang untuk menjadi lebih baik.

Hal ini juga telah dirasakan para atlet Under Armour yang terus meningkatkan kebugaran dan mental yang kuat. Salah satunya, Sabrina Chairunnisa yang merupakan sosok publik figur yang pernah mengalami bullying dari netizen terkait penampilannya yang selalu dinilai kurang.

"Jika Anda melihatnya, itu cukup sadis, intimidasi dari netizen, serangannya. Dapat diulang dan sebagai figur publik, itu adalah risiko. Tapi aku benar-benar bisa dan naik di atas semua itu dengan menunjukkan kekuatan mental saya," ujar Sabrina Chairunnisa.

Sebagai informasi, TOWIT merupakan kampanye tahunan dari Under Armour. Tahun ini tema yang diangkat adalah kekuatan mental. Dalam kampanye ini akan ada kegiatan yang berkaitan dengan kekuatan mental. Lewat kampanye ini, seluruh Atlet Under Armour juga akan aktif berkampanye di media sosial mereka.



Simak Video "WHO: Hampir 1 Miliar Orang di Dunia Memiliki Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT