ADVERTISEMENT

Perenang Nasional Ini Catat Dua Rekornas di Kejuaraan Dunia 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 22 Des 2021 13:50 WIB
Aflah Fadlan Prawira
Aflah Fadlan Prawira (kanan) (dok Istimewa)
Jakarta -

Perenang Indonesia Aflah Fadlan Prawira mengukir prestasi di Kejuaraan Dunia 2021. Dia sukses mempertajam catatan rekor nasionalnya.

Kejuaraan bertajuk FINA World Swimming Championship (25 meter) 2021 itu berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, sejak 16 Desember dan sudah berakhir 21 Desember kemarin.

Selain I Gede Siman Sudartawa dan Glenn Victor, PRSI mengirim atlet renang lainnya Aflah Fadlan Prawira. Ia tampil di nomor 400 meter gaya bebas, 200 meter dan 400 meter gaya ganti.

Dari hasil tiga nomor perlombaan tersebut, Fadlan memberikan catatan apik. Dua di antaranya, ia mampu mencatatkan rekor nasional baru.

Menukil Instagram resmi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) @pbprsi, Fadlan mampu mempertajam rekor atas namanya sendiri pada nomor 400 meter gaya bebas putra untuk kolam 25 meter.

Dia mencatatkan waktu 03:49.13 detik. Rekor sebelumnya di 2019, ia bukukan dengan catatan waktu 03:54.23 detik.

Nomor lainnya yang juga berhasil ia pecahkan rekornya yaitu nomor 400 meter gaya ganti putra. Perenang asal Jawa Barat itu menorehkan catatan waktu 04:13.16 detik.

Ia memecahkan rekor nasional milik Muhammad Akbar Nasution di FINA/Arena Swimming World Cup 2010 yang mencatatkan waktu 04:28.07 detik.

Pelatih renang nasional, Albert C. Sutanto sebelumnya mengatakan tak membebani target khusus untuk para atletnya. Ia hanya berharap atletnya mampu mencuri pengalaman di ajang terbesar tersebut.

Bagaimana pun, Kejuaraan Dunia menjadi ajang internasional pertama mereka sejak terakhir kali tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Selain itu, mereka berlomba di kolam yang tidak biasa yakni kolam 25 meter.

"Pasti berbeda karena dari sisi pembalikan dan under water. Kami ingin mereka merasakan berenang lebih cepat dan kami yakin short course ini akan lebih cepat dari segi catatan waktu," kata Albert seperti dikutip dari Antara.

Simak juga Video: Perenang Muda Indonesia Pecahkan Rekor 14 Tahun di Australia

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT