ADVERTISEMENT

Bonus PON Papua Cair, Pelari DKI Jakarta: Terima Kasih

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 28 Des 2021 22:01 WIB
Emilia Nova dan Tim Atletik DKI Jakarta
Atlet DKI Jakarta semringah setelah bonus PON 2020 cair (dok.KONI DKI)
Jakarta -

Bonus PON Papua 2020 dari Pemerintah DKI Jakarta untuk para atlet berprestasinya sudah cair. Mewakili rekan-rekannya, pelari gawang Emilia Nova berterima kasih.

Seperti diketahui, sejumlah atlet DKI Jakarta mengutarakan kekecewaan terkait bonus yang dianggap terlalu kecil baik kepada atlet maupun pelatih.

Pada PON Papua, jumlah yang diterima para peraih medali mengalami penurunan dari PON 2016. Belum lagi, jumlah bonus untuk pelatih juga kecil dan itu belum termasuk potongan pajak yang jumlahnya terbilang besar. Hal itu menimbulkan polemik karena di satu sisi, pemprov DKI Jakarta harus mengubah anggaran di tengah pandemi virus corona.

Sementara, di satu sisi, ada atlet-atletnya yang berprestasi membawa harum nama DKI dan patut diapresiasi. Akhirnya, masalah itu selesai setelah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DJKI memberikan bonus Rp 200 juta untuk emas, lalu tambahan tali kasih dari KONI DKI Jakarta sebesar Rp 100 juta, dan usulan tambahan sebesar Rp 5- juta.

Itu artinya peraih medali emas akan mendapat total bonus Rp 350 juta, lalu Rp 125 juta untuk peraih medali perak, Sedangkan medali perak perorangan Rp 125 juta, dan medali perunggu perorangan menerima Rp 67,5 juta per keping medali.

Bagi pelatih yang atletnya meraih medali emas, akan menerima Rp 140 juta per medali. Bila atletnya meraih 5 medali emas, maka berlaku kelipatan (dikalikan dengan jumlah medali). Untuk pelatih yang atletnya meraih medali perak menerima Rp 70 juta dan medali perunggu menerima Rp 35 juta. Sementara bagi cabor yang menjadi juara umum akan menerima uang pembinaan Rp 300 juta.

Hal ini lantas membuat Emilia Nova yang meraih emas dari nomor lari gawang bersuka cita. Sebab ini jadi tanda kepedulian Pemprov DKI kepada atletnya. Apalagi kali ini bonus yang diterima bebas dari pajak.

Dengan adanya bonus ini, Emilia percaya dirinya dan atlet DKI Lainnya akan lebih termotivasi meraih prestasi ke depannya.

"Saya bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi yang diberikan bapak Gubernur, Dinas, dan KONI DKI Jakarta karena ada tambahan nominal," ujar Emilia Nova dalam rilis kepada detikSport.

"Harapan saya, semoga ke depan bisa semakin memotivasi regenerasi yang akan datang berlatih dengan maksimal," sambungnya.

Ucapan terima kasih juga datang dari pelatih atletik, Fitri Haryadi, yang bersyukur bisa mendapat bonus lebih besar dari PON sebelumnya.

"Terima kasih banyak kepada Gubernur DKI Jakarta, Dispora DKI, dan KONI DKI. Nominalnya sudah lebih besar dari PON sebelumnya," papar Fitri.

Simak juga Video: Momen Kapolri Wujudkan Impian Atlet Peraih Emas PON Ini Jadi Polisi

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT