Libatkan Universitas di Program DBON, Menpora Diapresiasi

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 07 Jan 2022 22:10 WIB
Menpora Zainudin Amali bertemu Rektor Unnes Fathur Rokhman membicarakan DBON, Jumat (7/1/2022) siang WIB.
Rektor Unnes bertemu Menpora Zainudin Amali membahas DBON (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut perguruan tinggi jadi salah satu pilar penting dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengapresiasinya.

Hal ini disampaikan Rektor Unnes Profesor Fathur Rokhman saat bertemu Amali di Kantor Kemenpora, Jumat (7/1/2021) siang WIB. Dalam pertemuan ini, Fathur Rokhman berbicara banyak soal peran Unnes dan perguruan tinggi lainnya dalam menyukseskan DBON.

Menurutnya, seluruh masyarakat Indonesia harus ambil bagian karena ini DBON diharapkan bisa mengembangkan prestasi olahraga nasional ke depannya.

Jika DBON bisa diaplikasikan ke seluruh daerah di Indonesia, maka bisa lahir atlet-atlet berkualitas di masa mendatang. Maka Unnes mau berkomitmen penuh kepada DBON.

"Kami datang dengan ucapan termakasih kepada Menpora Amali. Karena, Pak Menteri sudah melibatkan perguruan tinggi dalam menyusun DBON. Pak Menteri ini sangat terbuka kepada perguruan tinggi di Indonesia khususnya Unnes," ucap Fathur Rokhman dalam rilis kepada detikSport.

"Tentu DBON akan membangun kapasitas seluruh masyarakat, seluruh cabor unggulan dari daerah yang nanti bisa bersaing dengan masyarakat dunia," sambunngnya.

"Unnes berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari DBON ini. Dan harapan kami di tahun 2022, kerjasama yang sudah dilakukan akan terus berjalan dan bisa membangun DBON ini sampai terimplementasi," katanya.

Sebelumnya Amali mengatakan bahwa dukungan perguruan tinggi sangat penting terhadap implementasi DBON sebagai perwujudan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. Apalagi Jawa Tengah jadi salah satu dari 10 sentra DBON.

"Jawa Tengah menjadi salah satu dari 10 sentra yang ditetapkan didalam DBON. Oleh karena itu, diskusi kami dengan Pak Rektor dan ibu dekan itu sangat produktif dan mudah-mudahan di tahun 2022, Jawa Tengah khususnya Unnes akan menjadi yang terdepan untuk implementasi DBON," kata Amali.

"Dan tentu saya berterimakasih Pak Rektor atas dukungannya terhadap Perpres 86 Tahun 2021 tentang DBON yang mudah-mudahan ini juga akan mendorong kabupaten-kabupaten yang ada di Jawa tengah untuk aktif mengimplementasikan DBON," tutup Zainudin Amali.

(mrp/bay)