Para Olimpian Akan Bantu Menpora Sukseskan DBON

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 14 Des 2021 21:10 WIB
Menpora Zainudin Amali-Yayuk Basuki
Ketua Olimpian Indonesia Yayuk Basuki akan bantu Menpora sukseskan DBON (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bakal berujung pada sukses Indonesia di Olimpiade. Maka para Olimpian bakal membantu program ini agar berjalan baik.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Indonesian Olympian Association (IOA) Yayuk Basuki saat bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Senin (13/12/2021) sore WIB kemarin.

Dalam pertemuan itu, Yayuk ingin mengetahui secara langsung seperti apa DBON, program yang dibuat oleh Amali baru-baru ini. Dengan adanya Pepres nomor 86 tentang DBON, maka tentunya membutuhkan bantuan semua pihak agar dapat berjalan dengan baik.

Maka dari itu, Yayuk memastikan bahwa organisasi yang dipimpinnya akan membantu Menpora Amali untuk menjalankan program DBON.

Yayuk berharap nantinya DBON bisa melahirkan atlet yang berprestasi sehingga bisa berbicara banyak di Olimpiade, sekaligus menjaga tradisi medali emas Indonesia.

"Saya mengapresiasi langkah Menpora Amali yang sudah melahirkan DBON dengan melibatkan akademisi dan pelaku olahraga di Indonesia. Supaya sinergitas antara akademisi dan pelaku olahraga terjalin dan bisa membuahkan hasil lebih baik, jadi tidak hanya satu sisi tapi bisa sama-sama," ujar Yayuk dalam rilis kepada detikSport.

"Terus terang DBON ini cakupannya luas karena ini juga terkait tentang revisi UU SKN No. 3 Tahun 2005. Jadi kami semua berharap dengan DBON akan lebih baik dan menjadi cikal bakal Indonesia kedepannya. Karena itu dengan adanya DBON kami mendukung. Intinya ini untuk kemajuan olahraga Indonesia," sambungnya.

Sementara itu Menpora Zainudin Amali mengapresiasi IOA yang sudah berjasa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Amali berharap agar IOA bisa terus menyampaikan pikiran dan masukan untuk peningkatan prestasi olahraga Indonesia ke depannya.

"Pemerintah mengapresiasi kehadiran dari pada olimpian yang sudah berjasa dan berpengalaman dalam membanggakan Indonesia dari Olimpiade ke Olimpiade," kata Amali.

"Ini sejalan dengan harapan Indonesia tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), target Indonesia adalah Olimpiade. Asian games dan SEA games menjadi sasaran antara, maka dukungan dari mbak Yayuk Basuki sangat dibutuhkan sekaligus untuk membagi pengalaman dan memberikan masukan untuk bagaimana ke depannya mencapai target yang sudah dicanangkan," tutupnya.

(mrp/bay)