Menpora Pantau Prokes Proliga 2022, Lalu Nobar dengan SBY

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 11 Jan 2022 03:05 WIB
Menpora Zainudin Amali-SBY nonton bareng Proliga 2021 Bogor LavAni vs Kudus Sukun
Menpora Zainudin Amali dan SBY nonton bareng Proliga 2022 (dok.Kemenpora)
Sentul -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menengok pelaksanan Proliga 2022 akhir pekan kemarin. Dia juga menyaksikan laga tim volinya Susilo Bambang Yudhoyono.

Proliga 2022 jadi kompetisi bola voli pertama Indonesia yang dihelat di tengah pandemi virus corona. Praktis sejak pandemi melanda Maret 2020, tidak ada Proliga yang membuat banyak pevoli kesulitan dari sisi ekonomi maupun teknis.

Untuk itulah Proliga diadakan lagi tahun ini dengan protokol kesehatan yang terbilang ketat. Dengan sistem semi bubble, tim-tim ada yang tinggal di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Jawa Barat, dan ada yang pulang-pergi ke markas.

Seluruh peserta baik atlet, ofisial, dan perangkat pertandingan tes kesehatannya negatif COVID-19 sebelum masuk ke area pertandingan. Hal ini membuat Menpora Amali merasa puas karena izin yang diberikan oleh pemerintah dan juga Polri bisa dimanfaatkan dengan baik.

Di sela kunjungannya, Amali juga bertemu Presiden RI 2004-2014, Susilo Bambang Yudhoyono, yang menyaksikan timnya Bogor LavAni menghadapi Kudus Sukun.

SBY bersama putranya Agus Harimurti Yudhoyono menonton di Tribun VVIP, sebelum menyambut kedatangan Menpora Amali dan Ketum PP PBVSI Imam Sudjarwo. Menpora Amali pun terlihat menikmati jalannya pertandingan sambil sesekali ngobrol bersama SBY dan AHY.

Pertandingan yang mempertemukan dua tim debutan ini berlangsung alot. Namun LavAni yang diperkuat tiga pemain berlabel tim nasional yakni Dony Haryono, Dio Zulfikri, dan Muhammad Malizi akhirnya menang dengan skor 3-1 (25-17, 29-31, 26-24, 25-16).

.
Meski berhasil meraih kemenangan, Dio Zulfikri mengatakan masih ada sejumlah catatan yang harus diperbaiki untuk menghadapi laga selanjutnya.

"Pada pertandingan pertama ini kami bisa meraih kemenangan. Tetapi, ini pertandingan pertama. Masih banyak lagi laga yang akan kami jalani. Tentunya, masih ada yang perlu kami perbaiki. Misalnya, chemistry yang masih kurang," ujar Dio dalam rilis kepada detikSport.

Sementara itu, SBY selaku Pendiri LavaAni menilai masih ada beberapa PR yang harus diperbaiki timnya agar bisa lebih baik lagi.

"Mainnya kurang lepas. Biasanya agresif, dinamis, tadi kurang. Jump serve kurang efektif. Ini harus ditingkatkan," kata SBY.

Selain laga Kudus Sukun Badak vs LavAni, pada hari itu juga tersaji satu pertandingan di sektor putri. Jakarta Pertamina Fastron berhasil mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1.

Pada pertandingan selanjutnya, Bogor LavAni yang diperkuat dua pemain asing, Leandro Martins da Silva asal Brazil dan Jorge Gonzales Garcia dari Kuba, akanakal menghadapi tim-tim besar. Yang terdekat adalah Jakarta Pertamina, Minggu (16/1).

(mrp/yna)