ADVERTISEMENT

PON Sukses, Sekum KONI Papua Minta Daerahnya Diberi Kepercayaan Lebih

Dea Duta Aulia - Sport
Rabu, 12 Jan 2022 16:41 WIB
DPD RI
Foto: dok. DPD RI
Jakarta -

Tokoh Papua sekaligus Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua Kenius Kogoya menyampaikan harapan kepada Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti agar anak-anak Papua yang sudah membuat bangga daerah dan Indonesia mendapatkan penghormatan yang layak.

"Kami berharap pemerintah memberi penghormatan dan kepercayaan kepada anak-anak Papua untuk membangun daerahnya sendiri. Karena kami sudah membuktikan bahwa kami mampu mengharumkan nama Indonesia salah satunya lewat event PON XX lalu," kata Kenius dalam keterangan tertulis, Rabu (12/1/2022).

Kenius mengatakan, sebelum PON XX berlangsung, banyak pihak yang pesimis dengan kemampuan Papua menggelar perhelatan besar itu. Namun, pada akhirnya seluruh bangsa Indonesia bahkan dunia angkat topi dengan ajang yang ternyata sukses besar.

"Awalnya banyak komentar negatif terkait PON Papua. Banyak yang bilang tidak akan sukses, ada yang bilang juga pasti menjadi klaster penyebaran virus Corona, ternyata itu semua tidak benar," tambah Kenius.

Suksesnya acara PON Papua tidak terlepas dari peran anak-anak Papua yang mampu membuktikan rasa tanggung jawab untuk menyukseskan ajang bergengsi tersebut.

"Event PON yang merupakan konsumsi internasional berjalan baik. Bahkan isu-isu adanya konflik dan penyerangan dari kelompok bersenjata juga nihil. Itu bukti bahwa anak Papua bisa yang penting diberi kepercayaan," tambahnya.

Dari kondisi politik, Kenius mengatakan, sampai saat ini belum ada perkembangan terkait pengisian jabatan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal yang meninggal beberapa waktu lalu.

"Sampai saat ini belum ada perkembangan signifikan terkait pengisian jabatan Wagub yang lowong. Kita berharap DPD RI ikut mendorong hal ini agar prosesnya cepat," kata Kenius.

Sementara itu, Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai bahwa pengisian jabatan publik idealnya tidak boleh lowong terlalu lama. Untuk itu, DPD RI akan mengawal proses pengisian kepemimpinan di daerah tersebut.

"Saya pikir proses pengisian jabatan publik yang lowong tidak boleh terlalu lama. Karena pemerintah pusat dan daerah mempunyai sejumlah agenda besar, sehingga membutuhkan posisi seorang wakil gubernur yang bisa membantu mendistribusikan pekerjaan-pekerjaan," tutup LaNyalla.

Dalam pertemuan itu, LaNyalla didampingi Senator Lampung Bustami Zainudin dan Fachrul Razi dari Aceh. Sedangkan Kenius Kogoya datang bersama Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, RM Evi Silviadi.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT