Usai Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Ikuti Kejuaraan Balap Mobil Eropa

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 14 Jan 2022 06:30 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 24: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT smiles during the MotoGP press conference pre-event during the MotoGP of Netherlands - Previews at TT Circuit Assen on June 24, 2021 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi akan ikuti kejuaraan balap mobil sport Eropa bersama WRT. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi masih akan balapan usai pensiun dari MotoGP. Rossi mengumumkan bergabung dengan tim balap mobil untuk tampil di GT World Challenge Europe 2022.

Pebalap legendaris Italia itu resmi gantung helm setelah melakoni balapan terakhirnya di MotoGP Valencia pada November lalu. Rossi memang digadang-gadang akan terjun ke dunia balap mobil, yang akrab dilakoninya sejak lama.

Pada awalnya, Italiano berusia 42 tahun itu berencana mengikuti Gulf 12 Hours namun batal karena harus menjalani isolasi mandiri demi pencegahan COVID. Meski demikian, Rossi akhirnya jadi juga untuk mengikuti balapan roda empat.

Rossi mengonfirmasi telah bergabung dengan WRT (W Racing Team) untuk berlaga di kejuaraan sportcar itu selama 10 seri. Pemilik sembilan titel juara dunia balap motor itu akan bertanding di Endurance Up dan Sprint Cup bersama dengan pebalap-pebalap Audi Sport.

"Saya dengan gembira bergabung tim WRT untuk berlaga penuh di Fanatec GT World Challenge Europe powered by AWS programme," ucap Rossi diwartakan Crash. "WRT adalah tim yang sangat sempurna untuk saya dan saya deg-degan untuk mulai petualangan baru ini dengan mereka."

"Saya yakin banyak penggemar akan senang seperti kami karena Rossi memulai sebuah karier yang baru di roda empat dan dia melakukannya di GT, dengan tim WRT dan Audi," timpal Team Principal WRT Vincent Vosse.

"Kita semua tahu Vale itu seorang juara balap motor yang hebat dan figur olahraga yang hebat, tapi di atas semuanya, dia itu seorang pebalap sejati, sangat profesional, dan atlet yang kompetitif, ingin sekali meraih sukses di tantangan baru yang sudah dia pilih. Inilah mengapa kami sangat ingin bekerja sama dengan dia."

Jadwal Sprint Cup GT World Challenge Europe 2022 meliputi balapan kandang Valentino Rossi di Misano (1-3 Juli). Sedangkan Endurance Cup meliputi balapan di Imola (1-3 April), dan 24 Hours Spa di Belgia pada 28-31 Juli.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)