Jawa Timur Tuan Rumah Kejurnas Pacuan Kuda 2022

Rifqi Ardita Widianto, Mercy Raya - Sport
Sabtu, 19 Feb 2022 21:36 WIB
PP Pordasi
Jawa Timur jadi tuan rumah Kejurnas Pacuan Kuda 2022. (Foto: dok Koni Pusat)
Jakarta -

Jawa Timur terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda 2022. Itu diputuskan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi).

Jawa Timur dipilih oleh 11 provinsi peserta Rakernas yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu-Minggu, 19-20 Februari 2022. Dalam sidang keempat yang membahas tentang Komisi Pacu, disepakati bahwa Rakernas tidak hanya menentukan tuan rumah Kejurnas Tahun 2022, namun juga tuan rumah tahun berikutnya.

Satu-satunya kompetitor Jawa Timur dalam pemilihan tuan rumah tahun ini yaitu Sumatera Barat, akhirnya ditetapkan sebagai tuan rumah Kejurnas 2023. Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano mengajak seluruh komunitas olahraga berkuda bahu-membahu menyukseskan Kejurnas.

"Semua komunitas berkuda berusaha Kejurnas kali ini harus kita lakukan," kata Triwatty dalam keterangan tertulis yang diterima detikSport.

Terkait pandemi COVID-19 dan meningkatnya kasus positif belakangan ini, ia menegaskan Kejurnas akan tetap digelar tertutup jika memang tak memungkinkan dengan penonton.

Adapun venue yang ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan Kejurnas Pacuan Kuda 2022 di Jawa Timur mendatang adalah Lapangan Pacuan Kuda Coban Joyo, Pasuruan, Jawa Timur. Rencananya, Piala Tiga Mahkota atau Triple Crown pada akhir Maret 2022 juga akan diselenggarakan di sana.

Triwatty Marciano turut menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru yang telah menjadi tuan rumah, serta mendukung pelaksanaan Rakernas kali ini. Dia mengajak keluarga besar Pordasi melakukan terobosan dalam melaksanakan program kerja, mengingat tantangan situasi pandemi.

"Kita semua harus membuat berbagai terobosan dalam menjalankan program kerja," katanya.

"Pandemi COVID-19 tidak pernah menyurutkan kita semua melakukan pembinaan olahraga berkuda di daerah masing-masing," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Triwatty juga menyampaikan kabar terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. PON 2024 rencananya akan digelar di Aceh dan Sumatra Utara.

"Olahraga Berkuda akan kembali dipertandingkan dalam gelaran PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, hal ini menjadi motivasi berbagai daerah untuk menyiapkan kontingennya masing-masing," sebut Triwatty.

Adapun yang akan dipertandingkan adalah Equestrian di Sumatera Utara dan Pacu di Aceh. Sementara untuk Horseback Archery (HBA) dan Polo sedang diupayakan dipertandingkan dalam eksibisi PON XXI.



Simak Video "Adu Tangguh, Memacu Kuda Menjadi yang Tercepat di Festival Mojo, Sumbawa"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/rin)