Hidayat Humaid Mau Jadi KONI DKI 1, Didukung Ketua DPRD dan 57 Cabor

Tim Detikcom - Sport
Rabu, 23 Feb 2022 23:42 WIB
HIdayat Humaid (tengah) Maju Jadi Caketum KONI DKI Jakarta pada Munasprov 12 Maret mendatang.
Hidayat Humaid (tengah) tantang Julizar Idris jadi Caketum KONI DKI (Istimewa)
Jakarta -

Hidayat Humaid makin mantap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KONI DKI Jakarta yang baru. Sebab, puluhan cabor plus Ketua DPRD DKI mendukungnya.

Hidayat adalah Wakil Ketua Umum I KONI DKI saat ini alias incumbent. Sementara lawannya adalah Ketua Harian Pengprov Muaythai Indonesia (IMI) DKI Jakarta sekaligus Ketua Pengprov Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) DKI Jakarta Julizar Idris.

Julizar awalnya dijagokan untuk bisa melaju dengan mudah mengingat dia adalah sosok baru di tubuh KONI DKI. Sementara, Hidayat adalah bagian dari kepengurusan lama yang dinilai gagal memberikan prestasi sejak menjabat 2018.

Buktinya adalah Hidayat dan ketua saat ini Djamhuron P Wibowo tidak bisa melajukan DKI jadi juara umum di PON Papua 2020. Ini jadi kali kedua beruntun DKI gagal merajai PON.

Oleh karenanya, desakan untuk pengurus lama mundur semakin kencang. Namun, dalam perkembangannya, Hidayat rupanya masih ingin maju dan menunjukkan keseriusannya bertarung dengan Julizar.

Salah satunya adalah mengadakan pertemuan dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan sejumlah pengurus cabang olahraga (Cabor) Provinsi DKI Jakarta di Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (23/2/2022) siang WIB. Pihak Hidayat mengklaim ada 57 dukungan cabor, meski yang hadir hanya 49 cabor karena delapan sisanya berhalangan.

HIdayat Humaid (tengah) Maju Jadi Caketum KONI DKI Jakarta pada Munasprov 12 Maret mendatang.HIdayat Humaid (duduk kedua dari kanan) Maju Jadi Caketum KONI DKI Jakarta pada Munasprov 12 Maret mendatang. Foto: Istimewa

Pertemuan ini digelar secara kekeluargaan dengan makan siang bersama sekaligus meminta masukan dari puluhan perwakilan cabor atau bentuk dukungan secara umum.

Sementara itu, Prasetyo Edi mendukung penuh Hidayat karena yakin koleganya itu mengerti persoalan luar-dalam di KONI DKI. Dia menitip pesan agar Hidayat memperhatikan nasib atlet DKI andaikan terpilih pada Munasprov KONI DKI 12 Maret.

"Intinya jangan cari makan di KONI, tapi cetaklah atlet berprestasi. Terpenting, perhatikan atlet. Itu yang utama. Saat ini, saya harus katakan kalau saya mendukung Hidayat Humaid sebagai calon Ketua KONI DKI mendatang," tutur Prasetyo Edi.

"Perhatikan banget, uang itu harus kepada atlet, bukan kepada pengurus yang ada sekarang ini," sambungnya.

Salah satu tim sukses Hidayat, Muhammad Zal selaku Ketua Pengprov Porserosi DKI Jakarta (Olahraga sepatu roda) mengaku gembira melihat banyaknya dukungan untuk jagoannya tersebut.

"Kami dukung Hidayat demi kepentingan DKI Jaya kembali ke posisi 1, agar para atlet bisa kembali berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Kita semua satu untuk Hidayat," jelas Ical yang sukses membawa DKI Jakarta menjadi pengumpul emas terbanyak di cabang sepatu roda PON Papua 2020 dengan 13 medali.

Bambang Rianto dari cabor panjat tebing (FPTI) juga menyatakan dukungan penuh kepada Hidayat. "Kami dukung Hidayat menjadi Ketua KONI DKI karena kebijakan-kebijakannya yang sangat memperhatikan semua cabor, bahkan cabor kami pun mendapat perhatian sama. Selanjutnya kami minta Hidayat akan lebih memperhatikan soal pembinaan prestasi atlet."

Sementara itu, Hidayat Humaid berjanji mengantarkan para atlet DKI Jakarta berprestasi di berbagai event olahraga.

"Kalau nanti saya dipercaya, visi yang saya bawa adalah prestasi Jakarta untuk mengantarkan atlet DKI juara diberbagai pentas. Oleh sebab itu, banyak PR yang harus dikerjakan nanti baik persiapan PON maupun event yang lebih tinggi. Mari kita bersama-sama mengantarkan atlet kita ke pentas nasional dan internasional," tutup Hidayat.

(mrp/pur)