ADVERTISEMENT

Aceh-Sumut Deklarasi Tuan Rumah PON 2024, Menpora Pesan Hal Ini

Agus Setyadi - Sport
Kamis, 24 Feb 2022 17:22 WIB
Deklarasi PON 2024
Deklarasi PON 2024. Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh -

Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendeklarasikan diri jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Menpora Zainudin Amali berpesan agar kedua daerah tuan rumah membina atlet sendiri dalam meraih prestasi.

Deklarasi tuan rumah PON digelar di Anjong Mon Mata komplek Pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh, Kamis (24/2/2022). Deklarasi dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf serta sejumlah pihak terkait.

Proses deklarasi ditandai dengan pembacaan naskah deklarasi secara bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan pelabuhan rapai.

"PON di dua provinsi (tuan rumah) pengalaman kita pertama," kata Menpora.

Dia mengatakan, setiap penyelenggaraan PON, tuan rumah selalu ingin sukses termasuk di segi prestasi. Tuan rumah biasanya bakal menggunakan segala cara karena ingin terlihat berprestasi.

"Kita akan mulai PON Aceh-Sumut prestasi diperoleh melalui pembinaan bukan dengan ngambil atlet yang sudah dibina dari sejak dini oleh daerah lain kemudian dengan iming-iming supaya tercatat sebagai prestasi. Itu tidak bagus," ucapnya.

Dia menyebut, cara-cara seperti itu tidak bagus untuk pembinaan atlet. Gubernur Nova dan Gubsu Edy disebutnya sudah membuat komitmen untuk tidak menggunakan atlet dari luar.

"Kita akan perkuat itu agar semua daerah membina. Kan tujuan dari PON ini adalah mengukur prestasi sejauh mana pembinaan di daerah selama 4 tahun," ujar Zainudin

"Bagaimana kita mengukur kalau atletnya bukan dibina oleh daerah itu. Dari situ kita lihat oh daerah ini lemah bisa kita perkuat, daerah ini sudah cukup bagus. Itu sebenarnya tujuannya dari PON ini," lanjutnya.

(agse/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT