Bamsoet: Majukan Tarung Derajat Jadi Bagian Merawat Warisan Budaya

ADVERTISEMENT

Bamsoet: Majukan Tarung Derajat Jadi Bagian Merawat Warisan Budaya

Muhamad Yoga Prastyo - Sport
Senin, 07 Mar 2022 23:03 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo menyaksikan demonstrasi tarung derajat yang dilakukan prajurit TNI AL. Kedatangannya ini pun disambut oleh Laksamana Muda Iwan Isnurwanto di Markas Besar Komando Armanda II TNI AL Surabaya.

Dalam kunjungan tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR itu mengatakan merawat warisan budaya dan kearifan lokal bukanlah hal yang mudah.

Menurutnya, derasnya arus globalisasi yang ditopang kemajuan teknologi menawarkan beragam efisiensi dan simplifikasi dalam beragam bidang kehidupan. Namun di sisi lain juga menghadirkan potensi ancaman yang dapat menggerus nilai kearifan lokal bangsa Indonesia.

"Tarung derajat merupakan seni bela diri asli Indonesia, sekaligus warisan budaya dan kearifan lokal yang lahir dari kreasi anak bangsa. Dalam konteks ini lah, memajukan olahraga tarung derajat menjadi bagian dari upaya dan partisipasi kita untuk merawat, melindungi dan menjaga warisan budaya dan kearifan lokal," ucap Bamsoet dalam keterangannya, Senin (7/3/2022),

Bamsoet pun mengapresiasi Koarmada II yang telah membuat Satuan Latihan Khusus (Satlasus) Tarung Derajat sejak tahun 2020. Selama ini TNI, Polri, BIN serta Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN) telah menjadikan tarung derajat sebagai salah satu ilmu bela diri yang wajib dipelajari. Tarung derajat juga hadir dalam ekstrakurikuler peserta didik di tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

"Walaupun belum lama terbentuk, Satlasus Tarung Derajat Koarmada II telah menorehkan beberapa prestasi di kejuaraan Provinsi Tarung Derajat tahun 2021. Kelasi Dua Setiawan Derajat meraih medali emas di kelas 55-58 kg. Kelasi Dua Iqro Yuliah mendapat medali perak kelas 65-70 kg serta Kelasi Dua Eta Bagus Gumelar meraih medali perunggu kelas 61-65 kg," papar Bamsoet.

Lebih lanjut, Bamsoet pun menyebut kepengurusan tarung derajat telah hadir di 24 provinsi. Dalam waktu dekat juga diharapkan kepengurusan tarung derajat dapat terbentuk di 10 provinsi lainnya sehingga mencakup wilayah dari Sabang sampai Merauke.

"Di luar negeri tarung derajat sudah berkembang di beberapa negara. Semisal Malaysia, Myanmar, Thailand, Laos, Filipina, dan Vietnam. Tugas besar menanti agar tarung derajat turut dipertandingkan sebagai cabang olahraga pada SEA Games XXXII tahun 2023 di Kamboja. Setelah sebelumnya tarung derajat pernah hadir sebagai cabang olahraga eksibisi pada SEA Games 2011 di Palembang," pungkasnya.

Sebagai informasi, tarung derajat merupakan seni bela diri asli Indonesia dengan Ketua Dewan Pembina Kepala BIN Jend Pol (P) Budi Gunawan. Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh pengurus PB KODRAT antara lain Ketua Harian Brigjen (Pol) Syamsul Bahri, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis dan Andrys Ronaldi, serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho. Selain Ketua Harian Tarung Derajat Jawa Timur Erwin H Boejon.

Selain itu, turut hadir pula anggota Komisi X DPR RI Robert J Kardinal, Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak serta Wakil Ketua FKPPI Jawa Timur Agus Ronald.

Simak juga Video: Kisah Coki, Mantan Kurir Penyambung Harapan Difabel

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT