Sandiaga: Semoga Piala Dunia Esports Bangkitkan Ekonomi Indonesia

ADVERTISEMENT

Sandiaga: Semoga Piala Dunia Esports Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Tim Detikcom - Sport
Rabu, 09 Mar 2022 04:18 WIB
Ketua Dewan Pembina PBESI Sandiaga Uno
Sandiaga Uno berharap Piala Dunia Esports berdampak positif untuk ekonomi Indonesia (dok.PBESI)
Bogor -

Indonesia jadi tuan rumah Esports World Championship 2022. Besar harapannya Piala Dunia-nya olahraga elektronik ini bisa membangkitkan perekonomian Indonesia.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Esports itu dilakukan dalam Kongres International Esports Federation (IESF) November 2021. Rencananya event itu dihelat di Bali pada 20-27 November 2022.

Ini jadi kali pertama Indonesia menghelat Piala Dunia Esports, olahraga yang tengah menjamu di kalangan milenial saat ini. Bukan rahasia lagi jika Esports begitu seksi dan mengundang banyak sponsor untuk datang mendukung acara apapun yang terkait dengan Esports.

Maka dari itu Indonesia sebagai tuan rumah akan memaksimalkan kompetisi Esports World Championship itu sebagai ajang pemulihan ekonomi Indonesia, khususnya Bali, yang begitu terdampak pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir.

Dengan kompetisi tersebut diikuti 120 negara, bisa dibayangkan berapa banyak devisa yang masuk nantinya. Oleh karenanya, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) akan bekerja sekeras mungkin agar jadi tuan rumah yang baik.

"Seperti kita ketahui, akan diadakan Piala Dunia Esports di Bali, dan direncanakan akan dihadiri 120 negara. Dari event ini, tentu saja akan terjadi peningkatan kunjungan dan akan pula menjadi pemicu ekonomi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Ketua Dewan Pembina PBESI Sandiaga Uno saat mengunjungi Pelatnas SEA Games 2022 di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Staff Khusus Presiden Diaz Hendropriyono didampingi oleh Ketua Harian PBESI, Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum, Ketua Pelatnas RM Ibnu Riza Pradipto, beserta jajaran PBESI lainnya.

Dengan posisi Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka akan lebih mudah untuknya menjadikan Piala Dunia Esports nanti menguntungkan dari sisi prestasi maupun ekonomi untuk Indonesia.

Piala Dunia Esports ini juga jadi batu loncatan agar prestasi Esports Indonesia bisa lebih baik ke depannya.

"Target kita adalah Olimpiade. Dan di Olimpiade juga kita dorong pengembangan ekosistem dan ketua umum menugaskan kita untuk mengembakan game nasional. Mudah-mudahan bisa mendunia," lanjut Sandiaga dalam rilis kepada detikSport.

Simak juga Video: Cara Main Esports biar Untung

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT