Perkembangan Teknologi Mudahkan Publik untuk Olahraga

Tim Detikcom - Sport
Rabu, 16 Mar 2022 21:18 WIB
Kabupaten Boyolali kini memiliki stadion sepakbola baru. Stadion baru ini lebih representatif dengan lapangan dan rumput yang halus. Namanya stadion Kebogiro.
Ilustrasi lapangan sepakbola. (Foto: Ragil Ajiyanto)
Jakarta -

Teknologi dalam sepakbola terus berkembang. Tak terkecuali dalam urusan untuk membantu memudahkan publik memesan lapangan olahraga.

Platform super app untuk komunitas olahraga, Ayo Indonesia, baru saja secara resmi meluncurkan fitur baru yang memudahkan pecinta olahraga tanah air melakukan booking lapangan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari misi Ayo Indonesia untuk menyediakan end to end sports ecosystem bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sudah ada delapan lapangan dari lima provinsi di pulau Jawa dan Sumatra yang sudah tersedia di aplikasi. Mereka adalah Futsal East (Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta), GHP Futsal and Tennis Court (Kota Bekasi, Jawa Barat), Stadion Jakerti Jayamuda Sindangsari Kabupaten Kuningan. Jawa Barat), Bromelia Mini Soccer (Kabupaten Bogor, Jawa Barat), Sabnani Football (Kota Tangerang Selatan, Banten), Welco Futsal (Kota Tangerang, Banten), Sportivo Futsal (Kota Pekanbaru, Riau), dan Bamara Futsal Arena Kota Pasuruan, Jawa Timur).

Menambahkan fitur venue booking pada aplikasi bukanlah tanpa alasan, telah mengelola lebih dari 7.500 komunitas olahraga di dalam ekosistem memudahkan Ayo Indonesia untuk menggali kebutuhan yang tepat bagi penggiat olahraga di Indonesia.

"Ayo indonesia lahir, tumbuh, dan berkembang bersama komunitas. Sekarang pemain tidak perlu lagi menghubungi lapangan satu per satu untuk cek availability jadwal dan melakukan booking lapangan yang dimana menjadi kendala teman-teman penggiat olahraga yang aktif menggunakan aplikasi Ayo selama ini." ujar Samuel Hadeli Lie, CEO Ayo Indonesia dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3/2022).

Setelah menjawab kebutuhan penggiat olahraga dalam pencarian lawan sparring, teman main dan kompetisi secara digital melalui aplikasi, sekarang Ayo Indonesia memberikan kemudahan para penggunanya dalam mendapatkan akses ke lapangan-lapangan yang tersedia hingga kemampuan melakukan booking lapangan secara langsung.

Dengan segala kemudahan dan akses yang dihadirkan, harapannya Ayo Indonesia dapat berkontribusi dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diusung pemerintah yaitu meningkatkan partisipasi olahraga ke angka 70 persen pada tahun 2045.

Dari sisi pengelola lapangan, Ayo Indonesia juga sudah menyiapkan aplikasi khusus yang bernama Ayo Venue Management (AVM) demi meningkatkan efisiensi dan penjualan. Melalui aplikasi ini, para pengelola venue dapat dimudahkan dalam melakukan pengelolaan jadwal dan ketersediaan lapangan, pemantauan statistik secara real-time, hingga laporan pendapatan yang dapat digunakan dengan mudah melalui aplikasi.

"Bukan hanya para pemain yang akan semakin dimudahkan untuk berolahraga, tetapi para pengelola lapangan juga kami berikan platform melalui aplikasi Ayo Venue Management yang membuat mereka dapat mengelola lapangan dengan lebih simple, flexible, dan profitable." tambah Samuel.



Simak Video "4 Teknologi yang Mencoba "Melawan" Kuasa Tuhan "
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)