Airlangga: Terima Kasih Atas Dukungan Menpora ke Wushu

Mohammad Resha Pratama - Sport
Kamis, 24 Mar 2022 00:18 WIB
Airlangga Hartarto Jadi Ketua PB Wushu 2022-2026
Menpora Zainudin Amali (belakang ketiga) mendukung Airlangga Hartarto di periode kedua Ketua Umum PB Wushu (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Olahraga Wushu Indonesia lagi merangkak naik. Ini tak lepas dari peran serta pemerintah dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Hal ini dikatakan Airlangga Hartarto usai pelantikan kepengurusan PB Wushu Indonesia (PB WI) periode 2022-2026 di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (22/3) kemarin.

Airlangga memang baru terpilih secara aklamasi sebagai ketua PB Wushu periode baru, melanjutkan kepemimpinannya di periode pertama. Musyawarah Nasional (Munas) VII Wushu Indonesia sudah diadakan di Hotel JR Luwansa sejak akhir Januari lalu.

Dalam acara pelantikan itu, Amali memang hadir karena ingin mendengar visi dan misi Airlangga di periode keduanya ini. Beberapa target dan kalender event diumumkan, termasuk yang terdekat seperti SEA Games dan Asian Games serta Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Indonesia pada bulan Desember,

Mengingat banyaknya agenda PB WI tahun ini, maka Amali menegaskan akan memberikan dukungan penuh seperti layaknya ke cabor-cabor lainnya. Apalagi dirinya juga tengah menggalakkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Terima kasih atas dukungan yang diberikan dari Bapak Menpora Amali untuk kemajuan prestasi Wushu di tanah air," ujar Airlangga dalam rilis kepada detikSport.

"Agenda untuk tahun ini sudah cukup padat, baik skala daerah, nasional dan internasional. Kami berharap bantuan terus-menerus dari bapak Menpora. Bukan hanya sponsor tapi dibuatkan juga Inpres untuk kejuaraan dunia demi untuk meningkatkan prestasi," tambahnya.

Airlangga yang juga duduk sebagai member World Federation Asia berharap, cabor Wushu mampu mengukir prestasi emas di berbagai kejuaraan dunia. Disamping itu PB WI akan konsisten menjalankan regenerasi atlet muda tanah air.

"Kita berharap olahraga ini mampu menghasilkan 'Indonesia Raya' di berbagai even, seperti SEA Games dan Asian Games. Wushu juga selalu mempunyai tradisi emas dan PB WI juga menjalankan program pemanduan atlet muda berbakat atau junior karena persaingan yang ketat dan program junior berjalan berkesinambungan," papar Airlangga yang juga menjabat Menteri Koordinator Perekonomian itu.

Menpora Zainudin Amali juga menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketua Umum PB WI periode 2022-2026. Dia berharap betul Airlangga bisa menjalankan semua programnya dengan baik demi kemajuan wushu dan olahraga Indonesia.

"Selamat kepada PB WI yang kembali dipimpin oleh Pak Airlangga. Beliau sudah memimpin Wushu ini sudah periode yang kedua, periode pertama prestasinya sudah luar biasa," tutur Amali.

"Pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan Wushu di Indonesia dan juga rencana-rencana yang program yang akan dilakukan PB WI."

Simak juga Video: Momen Jokowi Saksikan Pertandingan Final Wushu PON XX Papua

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/nds)