KONI Pusat Jalin Kerja Sama dengan Korea Selatan, Singgung Shin Tae-yong

Mercy Raya - Sport
Rabu, 06 Apr 2022 18:30 WIB
Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

KONI Pusat akan bekerja sama dengan Korea Selatan guna meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jadi salah satu bukti peningkatan kualitas olahraga Indonesia.

Seperti diketahui, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar (Dubes) Korea Selatan Park Tae Sung di kantornya di kawasan Senayan, pada Rabu (6/4/2022).

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas sejumlah hal, utamanya terkait peningkatan prestasi olahraga bagi kedua negara.

"Kehadiran Bapak Dubes di tengah-tengah kami sangat berarti karena memberikan semangat bagi kita semua. Ada negara sahabat kita, yang bisa membantu peningkatan olahraga prestasi. Semoga pertemuan ini akan berlanjut," kata Marciano dalam rilis KONI.

Pada pertemuan itu, Marciano juga mengapresiasi kualitas pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, yang kini melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Ia menceritakan bagaimana Presiden Joko Widodo serius memberikan atensi kepada sepakbola hingga harapan kepada sang pelatih.

"Presiden Joko Widodo mengeluarkan instruksi presiden (Inpres) agar sepakbola Indonesia mendapatkan perhatian khusus. Saya berharap Shin Tae-yong dapat membuat kenangan manis seperti Korea Selatan mengalahkan Jerman pada Piala Dunia," ujarnya.

Kerja sama yang akan terjalin juga diharapkan teraplikasi pada cabang olahraga panahan. Bagaimana pun, Korea Selatan merupakan negara terkuat di cabang tersebut. Sementara Indonesia, pernah mencatatkan prestasi manis saat Olimpiade di Seoul 1988 dengan meraih perunggu.

"Kami ingin mengulang prestasi tersebut dengan pelatih-pelatih Korea," sebut Marciano tentang harapannya.

Sementara itu, Dubes Park Tae Sung mengatakan kerjasama Indonesia-Korea Selatan sejatinya sudah terjalin sejak 2017. Dan komitmen itu bakal terus dilanjutkan utamanya kerja sama dalam peningkatan olahraga prestasi dengan KONI Pusat.

"Komitmen yang bisa saya berikan hari ini sebagai Dubes, saya bisa mempertemukan KONI dengan beberapa lembaga dan pakar untuk kerja sama ke depan," kata Dubes Park Tae Sung.

"Saya memiliki pandangan yang sama dengan Pak Ketum dalam meningkatkan kerja sama, khususnya bidang olahraga."

Pada kesempatan itu, Dubes Korea Selatan juga menyampaikan usulan agar Ketum KONI Pusat dan jajaran berkunjung ke Korea Selatan untuk menandatangani kerja sama dengan beberapa lembaga terkait. Korea Selatan yang akan memfasilitas kunjungan tersebut.

Adapun beberapa rencana lainnya yang disampaikan pada pertemuan ini antara lain, mendatangkan pelatih Korea Selatan ke Indonesia, peningkatan kualitas pelatih Indonesia, seminar lokakarya akademisi olahraga kedua negara, pembahasan liga baseball bersama, dan lainnya.

(mcy/aff)