Angkat Besi Ogah Sesumbar soal Target Emas di SEA Games 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 06 Apr 2022 20:10 WIB
Atlet angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih perunggu di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Rahmat membukukan angkatan total 342kg.
PB PABSI enggak banyak bicara soal target di SEA Games 2021. (Foto: Chris Graythen/Getty Images)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) tak mau bicara banyak soal raihan medali emas di SEA Games 2021. PABSI mau membuktikan saja.

PB PABSI menurunkan 13 atlet terdiri dari senior dan junior di kejuaraan multi ajang Asia Tenggara tersebut mulai 12 hingga 23 Mei mendatang. Persiapan pun sudah digenjot sejak awal tahun ini di Mess Kwini, Kwitang, Jakarta.

Dibandingkan dengan cabor-cabor lainnya yang percaya diri menyebut target emas, cabor angkat besi memilih untuk tidak sesumbar. Padahal angkat besi selama ini tak pernah mengecewakan.

"Saya tidak berani bilang berapa medali, saya lihat semua cabor selalu bilang sekian emas. Angkat besi ya kita buktikan saja," kata Wakil Ketua PB PABSI Djoko Pramono saat ditemui di sela-sela Pelatnas, pada Rabu (6/4/2022).

"Contoh pada saat SEA Games yang lalu di Filipina, kami berangkatkan 10 atlet dan dari jumlah itu bawa medali. Insya Allah sekarang juga begitu. Dari 13 yang berangkat insya Allah pulang bawa medali. Emas, perak, perunggunya berapa? Kita lihat," tuturnya.

Pertimbangan Djoko untuk tak terlalu mengumbar perolehan medali emas, boleh jadi karena peta persaingan angkat besi saat ini kian ketat. Vietnam sebagai tuan rumah memiliki lifter-lifter yang merupakan pesaing kuat Indonesia.

Selain itu, lifter Thailand juga sudah diperkenankan tampil, setelah beberapa waktu lalu absen lantaran kasus dengan Badan Anti Doping Dunia (WADA).

"Jadi angkat besi di SEA Games sekarang jangan main-main karena kita masuk ke kandang Macan. Vietnam tu kandang macan untuk angkat besi, ditambah lagi Thailand sudah dicabut hukuman doping. Jadi Windy Cantika Aisah dan Eko Yuli Irawan mungkin dapat lawan yang cukup berat di SEA Games nanti," ujarnya.

Sebagai informasi, angkat besi Indonesia pada edisi sebelumnya berhasil mengantongi empat medali emas. Kepingan itu dipersembahkan Eko Yuli Irawan di kelas 61 kg, Deni (67 kg), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg), dan Windy Cantika Aisah (49 kg).

Indonesia juga menjadi runner dalam klasemen negara-negara angkat besi se-Asia Tenggara. Merah-Putih di bawah Vietnam yang mengoleksi jumlah emas yang sama, namun unggul diperolehan medali perak yaitu lima keping dan 1 perunggu. Sementara Indonesia, meraih satu perak dan lima perunggu.



Simak Video "PBESI Beri Bonus Atlet eSports Peraih Medali SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)