PB PASI Kirim 23 Atlet ke SEA Games Vietnam

Mercy Raya - Sport
Kamis, 14 Apr 2022 13:30 WIB
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (tengah) berlari dalam babak pertama 100 meter putra heat 4 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Lalu Muhammad Zohri menempati posisi kelima dari delapan pelari dengan catatan waktu 10,26 detik. ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Alas/Handout/sgd/wsj.
Ilustrasi (Foto: NOC INDONESIA/Naif Alas)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan mengirimkan 23 atletnya menuju SEA Games 2021. Agus Prayogo hingga Lalu Muhammad Zohri masuk dalam daftar.

SEA Games 2021 di Vietnam akan berlangsung mulai 12 sampai 23 Mei mendatang. Atletik menjadi salah satu dari 31 cabang olahraga/sub cabor yang akan dikirimkan pada multievent terakbar regional ASEAN tersebut.

Di multiajang olahraga dua tahunan itu, atletik akan memberangkatkan 23 atlet-atlet terbaiknya. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan tiga tahun lalu. Saat SEA Games 2019 Manila, atletik Indonesia mengirimkan 35 atlet putra dan putri.

"Jadi ketika kami mengajukan atlet untuk Pelatnas PPON 2022 ada 39 atlet. Setelah diseleksi, klarifikasi, dipaparkan ke Kemenpora diterima lah 23 orang dengan kriteria-kriterianya," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung kepada detikSport, pada Kamis (14/4/2022).

"Nah, setelah itu kami berhadapan dengan tim review, dan kami ajukan usulan yang berangkat sekian ini. Lalu ditanya alasan dan prestasi yang ditargetkan. Karena kriterinya cukup tinggi harus ada peluang medali, bahkan mendekati medali emas. Dan pas bertemu itu disetujui jumlah itu (23 atlet) berangkat ke SEA Games," ujarnya.

PB PASI sendiri disebut Tigor cukup puas dengan hasil peninjauan dari tim review terkait jumlah atlet yang dikirimkan. Ia juga akan berupaya untuk memenuhi target 15 medali emas pemerintah, meskipun dari PB PASI hanya membidik 8 medali emas.

Berikut daftar nama atlet dan pelatih atletik di SEA Games 2021 :

Kategori putra
Abdul Hafiz
Adith Rico
Agus Prayogo
Atjong Tio
Bayu Kertanegara
Eko Rimbawan
Halomoan S
Hendro
Lalu Muhammad Zohri
Sapwaturahman
Sudirman Hadi
Wahyu Setiawan.

Kategori Putri
Emilia Nova
Maria Londa
Agustina Manik
Erna Nuryanti
Hasruni Rahim
Jeany Nuraini
Odekta Naibaho
Sri Maya Sari
Tyas Murtiningsih
Valentin Lonteng
Eki Ekawati

Pelatih
Agustinus Ngamel
Fitri Haryadi
M. Dermawan Arly
I Made Sukariata
Sinta Wanti
Kikin Ruhuddin
Ong Kok Hin
Wita Witarsa
M. Zainuddin
Erwin Maspaitella
Dedi Rochmana

Manajer tim atletik
Aulia Ibrahim Ilyas

(aff/aff)