Hasrat Besar Lalu Zohri Tembus 9 Detik di SEA Games 2021

ADVERTISEMENT

Hasrat Besar Lalu Zohri Tembus 9 Detik di SEA Games 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 13 Apr 2022 16:22 WIB
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (tengah) berlari dalam babak pertama 100 meter putra heat 4 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Lalu Muhammad Zohri menempati posisi kelima dari delapan pelari dengan catatan waktu 10,26 detik. ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Alas/Handout/sgd/wsj.
Lalu Muhammad Zori mempunyai misi menembus 9 detik di SEA Games Vietnam. (Foto: ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Al'as/Handout)
Jakarta -

Spinter terbaik nasional Lalu Muhammad Zohri antusias menghadapi SEA Games 2021 sekalipun masih pemulihan cedera. Dia bertekad tembus 9 detik.

Zohri untuk kali pertama tampil di multiajang olahraga terakbar regional ASEAN yang berlangsung di Vietnam, 12-23 Mei 2022. Di ajang itu, ia dijadwalkan turun di nomor 100 meter dan estafet 4x100 meter putra. Sedangkan nomor 200 meter masih melihat kondisi.

Zohri mengatakan saat ini terus menggenjot persiapan, termasuk memulihkan cedera yang dialaminya ketika mengikuti kejuaraan atletik indoor di Serbia.

"Jadi saat 20 meter jelang finis, saya seperti akan kesandung dan akhirnya ketarik. Kena hamstring. Di sana pun langsung ditangani dokter dan katanya ada yang robek ototnya. Jadi harus terapi sekitar 2 sampai 3 pekan untuk bisa pulih lagi," kata Zohri ketika ditemui di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Alhasil Zohri yang seharusnya mulai masuk persiapan trek terpaksa terparkir sementara. "Mungkin pekan depan sudah bisa masuk ke trek lagi. Tapi saya pribadi sih tidak (susah) cuma yang hilang itu power, kalau teknik 100 meter masih (bisa) lah. Sekarang pun saya sering latihan sendiri start blok ya pelan-pelan," Zohri menuturkan.

Kendati masih pemulihan cedera, Zohri bertekad untuk mencari catatan waktu terbaik di multiajang dua tahunan tersebut.

"Kalau saya sih melihat ada potensi di sana, apalagi ini baru pertama kali mungkin auranya beda. Ya semoga saja lah bisa memberikan yang terbaik," kata Zohri.

"Catatan waktunya insya Allah 9 detik. Soal realistis atau tidak? Di kejuaraan manapun target saya itu (catatan waktu). Itu yang saya jadikan motivasi biar saya lebih semangat biar bisa capai target itu," ujarnya.

Catatan waktu terbaik Zohri sampai saat ini 10.03 detik. Torehan itu ia bukukan saat tampil di Seiko Golden Grand Prix Osaka 2019, yang juga menjadi tiketnya ke Olimpiade. Dia menjadi tercepat ketiga di perlombaan yang bergulir di Yanmar Stadium Nagai Osaka, Jepang.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT