Emilia Nova Rebut Emas di Singapore Open 2022

ADVERTISEMENT

Emilia Nova Rebut Emas di Singapore Open 2022

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 16 Apr 2022 18:55 WIB
Emilia Nova
Foto: (dok Istimewa)
Jakarta -

Emilia Nova menorehkan prestasi apik di Singapore Open Track & Field Championship 2022. Ia merebut medali emas.

Menukil hasil dari singaporeathletics.org.sg, Emilia Nova yang tampil di nomor lomba 100 meter gawang putri menjadi atlet pertama yang menyentuh garis finis. Ia mengalahkan empat atlet lainnya dari negara Filipina dan Singapura.

Hasil itu pun membuat dia diganjar medali emas usai membukukan catatan waktu terbaik 13.74 detik. Menyusul di peringkat kedua Melissa Escoton (Filipina) dengan catatan waktu 13.96 detik. Sedangkan peringkat ketiga direbut wakil tuan rumah Kerstin Ong yang membukukam waktu 14.99 detik.

Emilia bersyukur dengan torehan prestasinya meskipun tujuannya mengikuti turnamen tersebut untuk mengembalikan atmosfer perlombaan internasional setelah sekian lama absen.

"Ya masih belum puas sih karena masih banyak kekurangan juga. Soalnya saya sudah lama tidak tanding selama lebih dari dua tahun. Terakhir kali di SEA Games 2019. Selain itu, tahun lalu sempat operasi juga jadi program latihan saya juga membuat pelatih harus lebih hati-hati. Tidak bisa memberikan program sembarangan," kata Emilia kepada detikSport, Sabtu (16/4/2022).

"Selain itu, awal tahun ini saya juga baru sakit tumit kena plantar jadi latihannya agak terhambat kemarin. Cuma kemarin di sini sebenarnya targetnya bukan waktu, itu mengikuti saja jika keadaan semuanya oke. Pertama, saya ingin merasakan pertandingan internasional lagi, kedua sayaningin melihat bagaimana kondisi pinggang dan tumit setelah bertanding. Ternyata saat finis oke sih, tak ada masalah. Nanti sebulannya akan SEA Games, jadi pelatih bikin programnya lebih percaya diri karena sudah tak sakit," dia menjelaskan.

Peraih medali emas SEA Games 2019 ini mengatakan seandainya tak ada kendala cedera kemungkinan ia mencetak catatan waktu terbaik berpeluang terjadi. Terakhir kali di SEA Games tiga tahun lalu, ia mencatatkan waktu 13.61 detik.

"Seharusnya jika tak ada sakit sebelumnya bisa tembus waktu 13.5 detik, ya kalau mau juara SEA Games ya sekitar itu atau 13.4 detik lah untuk amannya," sebut Emilia.

"Makanya kalau sudah lama tidak tanding seperti merasa badan kaku. Jadi saya dan pelatih uji coba ke Singapura buat merasakan kembali atmosfer pertandingan. Jadi ada evaluasi untuk ke depannya," lanjutnya.

Meski begitu, Emilia Nova mengakui ada hal yang harus segera dievaluasi setelah lomba hari ini. Terutama soal kecepatan.

"Sebenarnya dengan speed saya yang masih jelek banget, sudah bisa lari 13.7 detik, sudah lumayan. Tapi tadi saya merasa di awal kurang bagus speednya. Lalu antargawangnya belum terlalu cepat, mungkin juga karena lawannya di bawah saya (levelnya) jadi kurang greget. Kalau misalnya dapat lawan yang bagus pasti lebih greget. Semoga saja di SEA Games lebih baik," Emilia mengharapkan.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT