Wow! ONE Championship Masuk 5 Besar Olahraga Favorit Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 26 Apr 2022 22:30 WIB
ONE Championship
ONE Championship jadi olahraga kedua terpopuler di dunia (dok.ONE Championship)
Singapura -

ONE Championship menuai hasil dari kerja keras sepanjang tahun lalu. Mereka kini jadi properti olahraga terpopuler nomor dua, mengalahkan UFC.

Ini merupakan data dari laporan terbaru Nielsen yang berjudul Year in Review: Sports Consumption Evolution. Ini merupakan hasil dari pembacaan data kategori digital pada 2021.

ONE Championship naik dua peringkat dari posisi keempat dalam survey yang sama di 2020. ONE Championship cuma kalah dari NBA yang mendapat lebih dari 14,5 miliar penonton di akun sosial medianya seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok.

Sementara ONE Championship mendapat penonton sekitar 13,8 juta dari seluruh platform media sosial tersebut. Organisasi beladiri campuran itu mampu mengalahkan UFC yang turun ke posisi kelimat dengan 6,6 miliar views.

Di posisi ketiga ada Liga Champions disusul Futbol Amerika Serikat (NFL) di posisi keempat. F1, MLB (Liga Bisbol), Liga Inggris (EPL), Euro 2020, dan MotoGP melengkapi 10 besar.

Dari sisi digital fan engagement, ONE berada di urutan keempat di media sosial Facebook dengan angka rata-rata 16.600 engagement di tiap unggahan, hanya kalah dari Liga Champions (1), Liga Inggris (2), dan LaLiga (3). UFC cuma ada di posisi kedelapan.

ONE juga menempati peringkat keempat di YouTube, lalu peringkat ke-11 di TikTok, dan peringkat ke-17 di Instagram terkait rataan engagement pada setiap unggahannya.

Ini sejalan lurus dengan meningkatnya follower mereka sepanjang tahun lalu. Ada total 42,7 juga di Facebook, Instagram, dan Youtube, naik 24 persne dari tahun 2020. Berdasarkan tingkat penambahan pengikut, ONE menyusul Olimpiade Tokyo 2020 (73%), Euro 2022 (35%), dan F1 (31%).

Untuk Tiktok, ONE Championship juga mengalami peningkatan pesat pengikut sekitar 146%, hanya kalah dari F1.

Dalam kategori jangkauan kumulatif di siaran televisi global sepanjang 2021, ONE berada di peringkat keempat di belakang Olimpiade Tokyo, Euro 2020, Liga Champions, serta mengungguli F1, NFL, NBA, dan UFC Jangkauan kumulatif ini mengukur jumlah penonton unik (unique viewers) yang menyaksikan setidaknya satu menit dari siaran televisi itu.

Ini tentunya jadi prestasi bagus untuk ONE Championship yang baru merayakan usia sedekadenya tahun lalu. Dibangun oleh Chatri Sityodtong dan Victor Chui, ONE Championship menaungi tiga disiplin beladiri mulai dari MMA, Kickboxing, dan Muay Thai.

Atlet MMA terhebatnya adalah Demetrious Johnson, sementara untuk Muay Thai ada Nong-O Gaiyanghadao dan Rodtang Jitmuangnon. Selain itu, ONE juga dihuni oleh atlet BJJ Marcus "Buchecha" Almeida, atlet submission grappling Gordon Ryan, serta kickboxer legendaris Giorgio Petrosyan.

(mrp/ran)