Riau Ega Siap Beraksi di SEA Games Keenamnya, Pasang Target Ini

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 30 Apr 2022 09:20 WIB
Langkah tim panahan beregu putra Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 terhenti di babak 16 besar. Tim panahan beregu putra Indonesia dikalahkan tim Inggris.
Aksi Riau Ega, atlet panahan Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Atlet panahan Indonesia Riau Ega Agatha Salsabila menilai keikutsertaannya di SEA Games tetap menjadi hal penting, terutama memantau peta kekuatan atlet negara lain.

Ega mengatakan itu karena sebelumnya pemerintah menilai SEA Games dan Asian Games hanya sebagai sasaran antara. Sementara Olimpiade adalah target utama.

"Sebenarnya kalau target tetap ke Olimpiade. Apalagi setelah ini akan ada kualifikasinya juga tentu harus banyak ambil kesempatan buat tanding untuk meningkatkan jam terbang," kata Riau Ega kepada detikSport.

"Makanya kalau organisasi (PB Perpani) ambil kesempatan, ya kita ambil juga. Soalnya yang saya lihat teman-teman sekarang motivasinya pada tinggi-tinggi. Jadi menurut saya SEA Games kali ini tetap penting," ujarnya.

Ega juga menilai dengan minimnya penyelenggaraan event-event olahraga imbas pandemi, maka dia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan bertanding.

"Justru keikutsertaaan kita di SEA Games bisa menjadi tolok ukur juga. Apalagi tahun ini juga ada Asian Games, sementara peta kekuatan hampir semua ya di Asia. Jadi kita bisa sekaligus melihat perkembangan negara lain, seperti negara Thailand, Vietnam, dan Malaysia itu bagus-bagus atletnya," dia menerangkan.

Lifter Rahmat Erwin Abdullah (kiri) bersama pelari gawang Emilia Nova (kedua kiri), karateka Krisda Putri Aprilia (kedua kanan) dan atlet panahan Riau Ega (kanan) menggunakan official jersey untuk SEA Games 2021 saat peluncurannya di Jakarta, Kamis (28/4/2022). Li-Ning menjadi brand official untuk jersey dan apparel tim Indonesia pada perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.Atlet panahan Riau Ega (kanan), menjadi salah satu yang memamerkan jersey baru tim Indonesia di SEA Games Vietnam. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Target Ega di SEA Games Keenam

Ega sendiri saat ini sudah memiliki persiapan yang matang menuju SEA Games keenamnya ini. Pertama kali ia turun di SEA Games pada 2011 silam saat Jakarta jadi tuan rumahnya.

"Sekarang ini persiapannya lebih ke memperbanyak menembak untuk memulihkan diri, karena kemarin baru mengikuti Dunia di Antalya, Turki. Pekan depan baru mulai simulasi pertandingan," Ega mengungkapkan.

"Soal target, saya ingin memperbaiki torehan sebelumnya. Terutama di nomor mix team dan individu," sebutnya.

Pada SEA Games sebelumnya, Ega meraih satu medali emas di nomor beregu putra, medali perak di nomor mix team, dan satu perunggu di nomor men's individual.

Ia kalah bersaing dengan wakil Myanmar Htike Lin Oo (peraih medalu perak), dan kompatriotnya Hendra Purnama yang sukses merebut medali emas nomor perorangan. Sedangkan pada nomor campuran, Ega yang berpasangan dengan Diananda Choirunisa kala itu kalah dari pasangan Vietnam Nguyen Hoang Phi Vu dan Loc Thi Dao.

(mcy/krs)